Waspada, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Terinfeksi Virus

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 481 2387117 waspada-kurang-tidur-meningkatkan-risiko-terinfeksi-virus-qvzly8kJMO.jpg Ilustrasi kurang tidur. (Foto: User18526052/Freepik)

TIDUR adalah rutinitas yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Tapi dengan pandemi covid-19 yang terjadi saat ini membuat sebagian besar orang merasa stres, khawatir, dan cemas sehingga mengganggu tidur. Para ahli memperingatkan bahwa kurang tidur meningkatkan risiko terinfeksi virus.

"Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat melemahkan kekebalan Anda terhadap infeksi virus," kata ahli kesehatan asal Inggris Sanjay Verma, seperti dinukil dari laman Express, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Bantal yang Bisa Bikin Tidur Makin Nyenyak, Ada dari Bulu Lho 

"Ketika kasus covid-19 meningkat dan kami masuk ke masa lockdown ketiga, lebih penting sekarang daripada sebelumnya untuk menilai kembali tidur dan memastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup serta berkualitas setiap malam," lanjutnya.

Ilustrasi virus. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Ia menjelaskan, dalam sebuah penelitian didapati hasil orang yang hanya tidur 5 jam memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar tertular infeksi virus dibandingkan mereka yang tidur 7 jam. Pasalnya, kurang tidur 2 jam saja dalam semalam dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

"Kami dapati dari studi terhadap 4.000 orang Inggris bahwa tiap orang tidak cukup tidur 1,4 jam di malam hari," jelas Verma.

Baca juga: Waspada 6 Bahaya Kurang Tidur Selama Pandemi Covid-19 

Seperti dilansir laman Express, kualitas tidur yang baik dapat sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu aspek dari tidur yang diharapkan Verma untuk dilihat peningkatannya adalah mimpi yang jelas atau jernih.

"Stres atau kecemasan yang meningkat, bahkan ketika di alam bawah sadar, dapat berdampak besar pada mimpi tidur, jadi jangan khawatir jika Anda mulai mengalami mimpi sadar dalam tidur," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini