4 Alasan Bayi Harus Dapat Vaksinasi Tepat Waktu

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 481 2387337 4-alasan-bayi-harus-dapat-vaksinasi-tepat-waktu-jkftSZwHLg.jpg Ilustrasi bayi. (Foto: Jcomp/Freepik)

DENGAN adanya pandemi covid-19, hampir tidak mungkin ada orang di dunia yang belum pernah mendengar tentang vaksinasi. Vaksin membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melindungi dari penyakit mematikan dan berbahaya.

Sebagian besar bayi baru lahir dan anak-anak adalah kelompok yang rentan terkena penyakit berbahaya seperti campak, tetanus, difteri, dan lain-lain. Jika vaksinasi tepat waktu dihindari karena alasan apa pun, anak atau bayi baru lahir akan dibiarkan tanpa perlindungan, dan dapat terinfeksi atau menjadi pembawa penyakit tersebut. Ini bisa menyebabkan penyebaran penyakit ke individu sehat lainnya.

Baca juga: 4 Mainan Terbaik untuk Anak, Membuat Senang-Senang Sambil Belajar 

Lebih dari separuh anak-anak di dunia melewatkan vaksinasi penting yang diperlukan bagi mereka untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit berbahaya. Hampir 1,5 juta kematian dapat dicegah jika semua anak divaksinasi tepat waktu.

Sebagaimana dilansir laman Feminaindia, Rabu (31/3/2021), para ahli mengungkap alasan utama mengapa anak harus divaksinasi tepat waktu. Berikut penjelasannya.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Freepik)

1. Membangun sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan adalah perlindungan alami terhadap penyakit. Sistem kekebalan pada bayi belum berkembang sepenuhnya, sehingga mereka tidak memiliki perlindungan yang memadai dari penyakit berbahaya. Vaksinasi diberikan untuk meningkatkan sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

Baca juga: Simak, 5 Cara Ampuh Cegah Anak Kecanduan Gadget 

2. Perlindungan dari penyakit berbahaya

Bayi yang tidak divaksinasi dapat dengan mudah terkena infeksi penyakit. Maka itu, vaksinasi sangatlah penting. Untuk perlindungan terhadap difteri, tetanus, dan pertusis; bayi membutuhkan tiga suntikan vaksin tdap (tetanus, difteri, pertusis). Anak-anak harus mendapatkan suntikan penguat seperti yang direkomendasikan dokter.

3. Kekebalan dan imunitas

Anak-anak yang divaksinasi sebelum terpapar penyakit mematikan mungkin tidak mengembangkan antibodi karena vaksin membutuhkan waktu untuk menunjukkan aksinya dalam meningkatkan sistem kekebalan. Memvaksinasi anak dan bayi baru lahir pada waktu yang tepat dapat membantu dalam memproduksi antibodi yang memberikan kekebalan lebih kuat.

Baca juga: Begini Cara Syahnaz Sadiqah Ajari Anak-anaknya Mengenal Kebaikan 

4. Tanggung jawab sosial

Bayi dan anak-anak harus divaksinasi pada tahap awal dan selama masa dewasa untuk mengurangi risiko infeksi. Jika dibiarkan tanpa perlindungan, mereka dapat terkena penyakit serius dan menularkan ke anak-anak lain yang tidak divaksinasi. Memvaksinasi anak dapat mengurangi kejadian penyakit serta mengurangi beban ekonomi dan sosial dari penyakit pada masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini