8 Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 611 2387087 8-penyebab-rambut-kering-dan-cara-mengatasinya-OJv8tkTYGD.jpg Ilustrasi mengatasi rambut kering. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

SETIAP orang pasti pernah merasakan rambut kering. Tapi jangan khawatir, itu hal yang wajar. Dengan cara yang tepat, rambut kering dapat kembali menjadi lebih sehat.

Seringkali terlalu banyak hal yang baik, atau jenis perawatan yang salah, adalah penyebab rambut kering. Namun, kekeringan juga bisa diakibatkan faktor lain.

Seperti dilansir laman Schwarzkopf, Rabu (31/3/2021), berikut penyebab rambut kering dan cara mengobatinya agar lebih sehat.

Baca juga: Tips Buat Sampo dan Kondisioner Alami, Mudah Lho 

1. Jarang memijat kepala

Kamu harus lebih sering memanjakan diri dengan kemewahan ini. Pijat merangsang kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah, dan mendorong produksi sebum. Ini bukan hal yang buruk, tapi sangat penting untuk rambut sehat. Jika batang rambut tidak menerima cukup banyak sebum dari akar, maka tampak rapuh dan kusam. Cara mengatasinya, pijat ketika sedang keramas dan jadikan langkah ini menjadi rutinitas.

Rambut wanita. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Terlalu sering menyisir rambut

Terlalu banyak menyisir dapat membuat permukaan rambut menjadi kasar, membuatnya tampak tertekan. Lebih baik sisir atau sikat selembut dan sesering mungkin, menggunakan alat berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan alami.

3. Terlalu sering mencuci rambut

Rambut kering sebaiknya tidak dicuci setiap hari. Minyak esensial dan pelindung dibilas dari rambut dengan setiap sampo. Hasilnya,rambut dan kulit kepala menjadi kering, dan rambut kurang berkilau. Cara mengatasinya, cuci rambut hanya ketika sedang diperlukan. Keramas setiap dua hingga tiga hari biasanya sudah cukup.

Baca juga: Kenali Cara Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya, Jangan Keliru Ya 

4. Mencuci rambut dengan air yang terlalu panas

Memang benar, mandi air panas setelah hari yang melelahkan bisa menjadi solusi. Tapi tidak dengan rambut. Terlalu banyak terkena air panas sangat mengeringkan dan harus dihindari. Cara terbaik adalah mencuci rambut dengan air hangat. Jika bisa mengatasinya, bilas rambut dengan air dingin yang menghaluskan permukaan rambut yang kasar.

5. Perawatan yang salah

Rambut kering dan rambut rusak bukanlah hal yang sama. Rambut kering kekurangan minyak alami. Rambut yang rusak disaring dengan pewarnaan atau pemrosesan. Pastikan menggunakan produk perawatan yang dirancang untuk rambut kering, untuk melembabkan, menghaluskan, dan mengembalikan kilau dengan tepat.

6. Tidak mengunakan pelindung rambut

Rambut tidak boleh terkena panas tinggi tanpa perlindungan. Biasanya bagi pengguna hair dryer dan catokan rambut. Ini tidak hanya merusak, tetapi juga mengeringkan. Langkah yang harus digunakan sebelum menggunakan dua alat itu adalah penggunakan vitamin rambut. Ini melapisi rambut dan mencegahnya mengering.

Cara mengatasinya, ketika mengeringkan rambut, jaga jarak antara pengering rambut lalu sisir dari atas ke bawah. Ini membantu menutup dan menghaluskan batang rambut.

Baca juga: 4 Makanan yang Percepat Kerontokan Rambut, Kurangi Yuk 

7. Penggunaan produk penataan yang salah

Sampo kering menyerap minyak. Untuk rambut normal atau berminyak, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, tidak cocok untuk rambut kering, dan membuat permukaan rambut terlihat lebih kusam. Pilih semprotan rambut bergizi yang dirancang untuk rambut kering.

8. Rawat sampai ujung rambut

Ujung rambut bercabang adalah masalah rambut kering yang umum. Dosis perawatan ekstra adalah solusinya seperti kondisioner, masker intensif, dan vitamin dapat memperbaiki kerusakan. Cara mengatasinya, biarkan semalaman agar benar-benar meresap ke rambut dan memperbaikinya dari dalam ke luar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini