Jaga Kesehatan Rambut yang Diwarnai dengan 6 Bahan Alami Ini

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 611 2387204 jaga-kesehatan-rambut-yang-diwarnai-dengan-6-bahan-alami-ini-MRgLbNKabq.jpg Rambut diwarnai (Foto: Makeup)

Demi mengikuti mode yang sedang berkembang, banyak pria maupun wanita yang rela rambutnya diwarnai, dari warna blonde, pink, bahkan hijau seperti Billie Eilish.

Namun mewarnai rambut terlalu sering bisa berdampak pada kesehatan rambut. Oleh karena itu, jaga kesehatan rambut yang diwarnai dengan bahan alami berikut ini seperti dilansir dari Femina India.

rambut diwarnai

1. Pakai pelembab secukupnya

Jika Anda mewarnai rambut terlalu sering, Anda perlu memberikan perhatian ekstra untuk melembabkan rambut Anda. Hindari mengeringkan atau meluruskan rambut selama beberapa minggu setelahnya.

Anda bisa melembabkan rambut Anda dengan mengoleskan mentega putih dan memijatnya dengan baik. Tutupi rambut dengan topi mandi selama sekitar 30 menit, lalu cuci dengan sampo dua kali agar semua mentega hilang. Ini bekerja dengan menambahkan banyak kelembapan dan kilau.

 

2. Bilas dengan air beras

Praktik lama dengan menerapkan air beras pada rambut Anda sangat bermanfaat bagi rambut Anda. Inositol, bahan yang sangat ramah rambut yang ditemukan dalam air beras, telah terbukti mampu memperbaiki rambut dari dalam.

3. Gunakan minyak rambut

Selain minyak kelapa, minyak almond, minya bunga matahari, dan minyak zaitun, sangat dianjurkan untuk membantu menyembuhkan kerusakan rambut akibat pewarnaan yang berlebihan. Semua minyak ini kaya vitamin E dan antioksidan penting yang memperbaiki kerusakan rambut.

Cukup panaskan kombinasi satu sendok makan masing-masing minyak kelapa, almond, dan minyak jarak. Pijat kombinasi ini dengan lembut ke rambut Anda dan tutupi dengan handuk. Biarkan selama 30-40 menit atau bahkan semalaman. Cuci rambut Anda dengan sampo alami. Obat ini akan memperkuat rambut dan membuatnya bersinar.

4. Masker minyak yoghurt

Selama beberapa generasi, kombinasi yoghurt dan minyak telah menjadi perawatan yang sangat efektif untuk merawat rambut kering dan rapuh. Campurkan setengah cangkir yogurt dengan sekitar dua sendok makan minyak zaitun. Tambahkan 10 tetes minyak esensial lavender dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke rambut setelah Anda keramas. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi selama sekitar 15-20 menit. Cukup bilas hingga bersih dengan air hangat.

5. Masker rambut alpukat atau pisang

Alpukat kaya akan vitamin A dan E, mineral sehat dan lemak jenuh. Semua nutrisi ini bagus untuk rambut kering dan akan membuatnya kuat dari dalam ke luar, sehingga melembabkan dan memperbaikinya. Hancurkan alpukat yang sudah dikupas dan haluskan dengan satu telur. Sekarang oleskan campuran ini pada rambut Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit.

Pisang juga kaya akan kelembapan dan potasium sehingga sangat efektif untuk merawat rambut rusak. Menangani bercabang, atau melembutkan rambut dan membangun kembali elastisitas rambut dapat ditingkatkan dengan penggunaan masker pisang. Hancurkan satu buah pisang yang sudah matang dan oleskan pada rambut, dari akar hingga ujungnya. Biarkan selama satu jam dan cukup cuci rambut Anda dengan sampo alami. Akhiri dengan meninggalkan kondisioner atau serum.

6. Bilas dengan teh

Teh tidak hanya dapat digunakan untuk mengobati pilek dan batuk atau sakit kepala, tetapi bilas teh juga merupakan cara yang bagus untuk menambahkan kilau instan pada rambut yang rusak. Perlu diperhatikan, warna teh dapat mengubah warna rambut Anda, jadi tergantung pada warna alami rambut Anda, seduh sedikit chai dan setelah keramas, cukup bilas dengan teh hangat dan lihat perbedaannya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini