Intip Yuk 5 Cara Berhemat yang Enggak Bikin Tersiksa

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 612 2387187 intip-yuk-5-cara-berhemat-yang-enggak-bikin-tersiksa-JlQ4xUDECy.jpg Ilustrasi berhemat. (Foto: Shutterstock)

SERINGKALI seseorang susah menabung atau berhemat, dan cenderung lebih boros. Pemasukan yang ada kadang justru habis pada awal bulan. Ditambah lagi harus menghemat untuk untuk masa depan nanti.

Lalu bingung bagaimana caranya supaya bisa menghemat keuangan. Seperti dikutip dari unggahan akun Instagram @novilda.id, Rabu (31/3/2021), berikut cara berhemat yang enggak bikin tersiksa.

Baca juga: 4 Cara Cermat Mengatur Keuangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 

1. Sesuaikan gaya hidup dengan biaya sehari-hari

Jangan sampai hidup bergaya tetapi tidak melihat isi dompet yang ada. Bergayalah sesuai biaya hidup sehari-hari yang dimiliki. Jangan hanya mengikuti tren yang sedang ada tanpa memikirkan kebutuhan hidup.

Ilustrasi berhemat. (Foto: Shutterstock)

2. Berani menolak ajakan hangout

Kadang memang sulit menolak ajakan teman untuk hangout atau kongko. Tetapi jangan paksakan diri, hindari berutang hanya supaya terlihat keren oleh orang lain.

3. Masak lebih enak

Buatlah masakan di rumah dengan lebih enak. Jika memasak di rumah, pengeluaran yang dikeluarkan akan lebih hemat, dibanding harus membeli makanan jadi yang harganya mahal. Membuat masakan sendiri di rumah ternyata jauh lebih hemat lho.

Baca juga: Baru Menikah, Begini Cara Diskusi Masalah Keuangan dengan Pasangan 

4. Jangan pakai kartu kredit untuk bergaya

Memang rasanya mudah sekali berbelanja dengan kartu kredit. Tetapi, harus diingat bahwa tagihan kredit akan membengkak jika tidak dapat mengontrol pengeluaran. Daripada menghamburkan uang untuk bergaya, lebih baik ditabung. Lalu disarankan untuk tidak memiliki kartu kredit, karena risikonya sangat besar.

5. Belanja saat diskon

Berbelanjalah saat sedang diskon. Inilah waktunya berbelanja keperluan sehari-hari. Tetap ingat, jangan berbelanja di luar kebutuhan. Boleh saja belanja apa yang diinginkan, tetapi jangan sampai barang keinginan lebih banyak dari barang keperluan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini