3 Olahraga Mulut yang Ampuh Kurangi Dengkuran, Salah Satunya Teriak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 612 2387481 3-olahraga-mulut-yang-ampuh-kurangi-dengkuran-salah-satunya-teriak-ToC7dVYF8D.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGKUR memang sangat mengganggu, terutama jika Anda sudah memiliki pasangan. Sayangnya banyak orang memilih mendiamkan pasangan mereka ketika mendengkur.

Banyak yang beranggapan bahwa mendengkur terjadi karena terlalu lelah. Padahal mendengkur bisa memicu komplikasi sleep apnea loh.

Kondisi tersebut menyebabkan kadar oksigen dalam darah berkurang dan berhubungan juga dengan impotensi, kehilangan konsentrasi, memori buruk, diabetes, hipertensi, dan yang cukup mengkhawatirkan adalah serangan jantung di malam hari.

Dilansir dari Telegraph, sekira 40 persen pria berusia di atas 30 tahun mendengkur, di mana 2 persen di antaranya mengidap sleep apnea. Kemudian, hampir dua pertiga pria si atas 65 tahun mendengkur, dengan sepuluh persen dari mereka menderita sleep apnea.

Mendengkur

Mendengkur bukan hanya masalah yang dialami pria saja, lho. Seperlima dari perempuan juga mendengkur. Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan ngorok adalah olahraga.

Tapi, tidak semua olahraga fokus pada penyembuhan masalah ini. Hanya olahraga tenggorokan dan lidah saja yang cukup bisa mengurangi masalah. 

Diketahui, dengan Anda rutin melakukan olahraga itu, tingkat desibel dari dengkuran bisa berkurang. Rata-rata, orang mendengkur 60 sampai 100 desibel. Suara itu sebanding dengan penyedot debu.

Olahraga dibagi menjadi tiga rangkaian dengan fokus masing-masing area. Seperti mulut dan leher, lidah dan langit-langit, serta tenggorokan bagian bawah.

Untuk lidah, usahakan untuk melatihnya untuk bergerak lembut ke arah langit-langit, lalu membawanya ke depan sampai menyentuh bagian belakang gigi bagian atas.

Kemudian, cara lainnya adalah dengan melatih otot mulut. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah membuka mulut lebar-lebar lalu teriak sambil mengatakan aaaaa... Tehnik itu dipercaya bisa merentangkan mulut Anda dan mengontrol dengkuran. Untuk pengucapan aaaa sebisa mungkin Anda menahannya selama 20 detik.

Sementara itu, cara terakhir adalah dengan menjerit. Melatih tenggorokan bawah atau oropharynx harus melibatkan gerakan lidah semaksimal mungkin.

Menarik napas dalam-dalam dan membuat suara bernada tinggi selama 30 detik juga bisa mengurangi dengkuran. Lakukan tiga cara ini dan Anda pun bisa terbebas dari ngorok!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini