5 Khasiat Jus Semangka yang Belum Diketahui Banyak Orang

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 298 2387561 5-khasiat-jus-semangka-yang-belum-diketahui-banyak-orang-2YAcsveTyB.jpg Jus semangka. (Foto: Bublikhaus/Freepik)

SIAPA tidak suka buah semangka. Buah ini dikenal memiliki rasa sangat enak dan mengandung banyak cairan yang cukup ampuh menghidrasi tubuh.

Berbicara tentang semangka, jus buah seperti jus semangka dianggap pilihan terbaik untuk menjaga rasa kenyang, membuat tubuh tetap sejuk, mencegah dehidrasi, serta memberikan vitamin dan mineral esensial bagi tubuh.

Baca juga: Segarnya 4 Kreasi Minuman Segar dari Semangka, Dicoba Yuk 

Jus semangka rendah karbohidrat, kalori, dan tinggi serat serta asam amino seperti karotenoid dan likopen. Mengonsumsi semangka memenuhi 17 persen kebutuhan harian akan vitamin A dan 21 persen dari kebutuhan harian untuk vitamin C.

Seperti dikutip dari laman Boldsky, Kamis (1/4/2021), inilah manfaat jus semangka yang belum diketahui banyak orang.

Semangka. (Foto: Benefits)

1. Menjaga cairan tubuh

Sesuai data yang diberikan di Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jus semangka mengandung 91,45 gram air per 100 gram jus. Kandungan airnya yang tinggi membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta memberikan rasa kenyang. Kandungan cairan jus semangka juga memuaskan dahaga dan mencegah dehidrasi.

2. Memberi energi

Jus semangka menyediakan sekira 30 kkal energi per 100 g jus. Ini bertindak sebagai minuman penambah energi instan karena adanya vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Nutrisi ini dikenal sebagai bahan bakar sel dengan energi dan meningkatkan kekuatan.

Baca juga: Kesulitan Motong Semangka, Pakai Trik Ini Biar Mudah 

3. Membuang racun

Semangka membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam jus semangka membantu meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula, serta racun lain yang ada di dalam darah. Selain itu, lingkungan yang panas secara signifikan menurunkan fungsi ginjal.

4. Meningkatkan pencernaan

Semangka kaya akan kandungan air dan serat yang mendorong kesehatan pencernaan yang sehat. Lalu dua vitamin antioksidan penting yakni vitamin C dan vitamin A di dalam jus semangka meningkatkan mikrobioma usus yang baik. Ini membantu meningkatkan pencernaan yang seringkali cenderung melemah dan lebih lambat karena peningkatan panas selama musim panas. Likopen dalam jus juga membantu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti kembung.

Baca juga: Tips Anti Gagal Memilih Semangka, Perhatikan 3 Hal Ini! 

5. Mencegah sengatan matahari

Sunstroke biasa terjadi selama musim panas. Jus semangka dikenal dapat merangsang proses keluarnya keringat untuk mengeluarkan panas tubuh, menyeimbangkan elektrolit tubuh karena kandungan airnya yang tinggi dan memberikan kesejukan bagi tubuh. Vitamin C dalam jus semangka juga membantu meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini