Manfaat Cokelat, Salah Satunya Redakan Stres di Tengah Pandemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 298 2388109 manfaat-cokelat-salah-satunya-redakan-stres-di-tengah-pandemi-4xngMrcGIZ.jpg Cokelat hitam (Foto: Healthline)

Sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, banyak orang yang merasa stres dan cemas karena pandemi. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa meredakan stres.

Dilansir dari Boldsky, salah satu makanan yang bisa meredakan stres adalah cokelat. Makan cokelat saat pandemi bisa membantu Anda mengelola tingkat stres dalam dua cara.

Yakni melalui dampak kimia dan emosional. Sebab cokelat apalagi yang cokelat hitam kaya dengan antioksidan yang dapat mengurangi stres dan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Namun memang mengonsumsinya jangan berlebihan.

 cokelat hitam

Studi juga menyatakan, mengonsumsi cokelat hitam dalam konsentrasi tinggi bisa memberikan manfaat pada otak. Memakan 48 gram dengan 70 persen kakao cokelat jenis ini efektif merangsang aktivitas saraf otak dalam memberikan kesenangan dan penghargaan. Maka dipercaya untuk mengurangi stres, depresi, meningkatkan ingatan, dan memperbaiki suasana hati.

Hal senada juga diungkapkan Marketing Manager PT GMK (Cokelat Colatta) Sri Utami yang akrab disapa Uut. Ia menjelaskan, cokelat selain menghilangkan stres juga dipercaya mampu untuk menghilangkan rasa penat yang ada di pikiran. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Saat memilih cokelat, terang Uut, masyarakat juga perlu peduli dengan kesehatan dan kehigienisan suatu produk, apalagi di tengah pandemi. “Proses dan kemasan produk sebaiknya dapat memberikan jaminan kualitas dan kebersihan produk," katanya, Kamis (1/4/2021).

Di era pandemi Covid-19, masyarakat juga perlu merasa lebih aman dan nyaman dengan makanan yang dikonsumsi pribadi maupun keluarganya.

Cokelat hitam sendiri, lanjutnya, selain bisa dikonsumsi secara biasa untuk meredakan stres, juga bisa dimasak sebagai bahan pembuat dessert. Bahkan cokelat hitam ini mudah dipadankan dengan hampir semua bahan makanan dengan rasa yang autentik.

"Dark chocolate rasanya intens dan tahan lama di lidah karena kandungan cokelat yang sangat terasa. Tentunya dark chocolate yang berkualitas akan menentukan rasa dari hasil akhir produk tersebut,” ungkap Uut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini