Efektifkah Probiotik Bantu Turunkan Berat Badan? Inilah Jawabannya

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 481 2387568 efektifkah-probiotik-bantu-turunkan-berat-badan-inilah-jawabannya-OsIYFvFDLO.jpg Ilustrasi makanan mengandung probiotik. (Foto: Timolina/Freepik)

MENURUNKAN berat badan adalah proses yang membutuhkan pertimbangan banyak hal. Mulai hormon, tingkat stres, hingga diet dan rutinitas kebugaran. Banyak faktor yang dapat menentukan tujuan penurunan berat badan, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Probiotik sendiri adalah mikroorganisme hidup yang dapat dikonsumsi melalui makanan atau suplemen yang difermentasi. Probiotik bisa meningkatkan keseimbangan bakteri usus yang sehat dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Di antaranya adalah menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan memberi kekebalan tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Probiotik untuk Tubuh, Ampuh Obati Diare Lho 

Probiotik bisa ditemukan dalam makanan dan minuman seperti susu, yoghurt, tempe, acar, atau kefir. Ada juga dalam suplemen. Itulah sebabnya, banyak yang percaya bahwa probiotik dapat membantu proses penurunan berat badan.

Seperti dirangkum dari laman Times of India, Kamis (1/4/2021), ini dia alasan probiotik dapat membantu menurunkan berat badan.

Makanan mengandung probiotik. (Foto: Nutraingredients)

1. Bakteri usus dan berat badan

Sistem pencernaan manusia mengandung beberapa mikroorganisme yang membantu memecah makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, mengubahnya menjadi butirat, asam alkil karboksilat rantai lurus.

Usus manusia terdiri dari banyak bakteri termasuk bakteroidetes, zat penguat, aktinobakteri, fusobakteri, verrucomicrobia, proteobakteria, dan cyanobacteriatwo, di mana bakteroidetes dan zat penguat memengaruhi sebagian besar berat badan.

Menurut banyak penelitian, orang dengan obesitas memiliki lebih banyak obat kuat dan lebih sedikit bakteroidet dibandingkan orang dengan berat badan yang sehat.

Konon, orang yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dengan orang yang tidak kelebihan berat badan.

Baca juga: Pentingnya Peran Probiotik bagi si Kecil 

2. Bagaimana probiotik memengaruhi berat badan?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sementara tubuh manusia penuh dengan berbagai bakteri, probiotik adalah bakteri baik dan bermanfaat membantu menjaga kesehatan usus.

Ini menghasilkan asetat, propionat, dan butirat yang merupakan asam lemak rantai pendek yang membantu memengaruhi nafsu makan, menghambat penyerapan lemak makanan, dan mempromosikan ekskresi lemak yang tidak diinginkan dengan tinja.

Probiotik juga mengatur nafsu makan. Ini mengandung hormon pengurang nafsu makan glukagon, seperti peptida yang membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, bisa mengurangi penyimpanan lemak dalam tubuh yang seringkali menjadi sumber penambahan berat badan.

3. Apakah probiotik meningkatkan penurunan berat badan?

Menurut tinjauan sistematis dan meta-analisis 2019 yang mencakup 105 artikel dan 6.826 peserta, ditemukan bahwa pengobatan probiotik dapat membantu mengurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, dan BMI.

Baca juga: Rutinitas Pagi Kim Woo Bin: Minum Probiotik hingga Ngegym 

4. Probiotik juga dapat mencegah penambahan berat badan

Selain membantu menurunkan berat badan, probiotik membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu. Berdasarkan hasil sebuah studi penurunan berat badan, mengonsumsi probiotik mengurangi penambahan berat badan dan penambahan lemak pada orang yang mengikuti diet tinggi kalori.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini