4 Langkah Menjaga Pola Makan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 481 2387581 4-langkah-menjaga-pola-makan-sehat-di-tengah-pandemi-covid-19-4Qxp9UVmDz.jpg Ilustrasi pola makan sehat di tengah pandemi covid-19. (Foto: Senivpetro/Freepik)

BEBERAPA waktu belakangan banyak orang di dunia melalui waktu sehari-harinya dengan berada di rumah saja. Ini dampak masih mewabahnya virus corona atau pandemi covid-19. Mereka bahkan telah beralih ke pola makan yang lebih sehat dan menenangkan.

Banyak juga orang yang bereksperimen membuat asupan sehat dan bernutrisi. Ini termasuk resep favorit keluarga, metode memasak tradisional, hingga teknik mengawetkan dan memanggang.

Baca juga: Selain Makanan Sehat, Siapkan Mental saat Jalani Puasa 

Tapi hal penting yang perlu diingat adalah tetap menjaga pola makan dalam situasi apa pun. Ini demi keberlangsungan kesehatan tubuh ke depannya.

Lantas, hal-hal apa saja yang wajib diperhatikan dalam menjaga pola makan? Berikut penjelasannya, seperti dinukil dari laman Feminaindia, Kamis (1/4/2021).

Makanan sehat. (Foto: User14908974/Freepik)

1. Utamakan kesehatan dan kekebalan

Pelajaran yang diserap dari adanya wabah mulai 2020 adalah tetap fokus pada kesehatan dan kekebalan. Melanjutkan pelajaran dari tahun lalu, pada 2021 ini akan melihat peningkatan makanan yang memprioritaskan kesehatan dan kekebalan untuk masa mendatang.

Lebih fokus pada bahan-bahan yang meningkatkan kekebalan dan kesehatan seperti kunyit, jahe, dan sejenisnya. Selain itu, orang akan menyukai ramuan herbal yang tersedia secara lokal dan produk musiman untuk mengikuti waktu, sambil berfokus pada kesehatan.

Baca juga: Cara Atasi Pola Makan Tidak Sehat Selama Pandemi Covid-19 

2. Tanam sayuran sendiri

Tahun lalu tidak hanya membuat semua orang memasak lebih banyak makanan, tetapi juga melatih keterampilan berkebun untuk menanam bahan makanan sendiri. Pandemi covid-19 mengubah fokus ke kehidupan yang lebih berkelanjutan, dan semua belajar bahwa dapat dengan mudah menumbuhkan apa yang ingin dimakan, bahkan rumah dengan lahan kecil. Hal ini memunculkan tren menanam sayuran dan herbal sendiri di rumah.

3. Makan lebih teratur

Setelah berbulan-bulan tinggal di dalam rumah, kebanyakan orang sudah mulai makan lebih awal dari biasanya. Selalu cari sesuatu yang mendinginkan, menenangkan, dan menghilangkan dahaga untuk menjaga diri tetap terhidrasi serta menyegarkan. Di musim panas kebanyakan orang menderita dehidrasi akibat kenaikan suhu dan matahari di atas rata-rata.

Baca juga: Tak Hanya Atur Pola Makan, Ini yang Harus Diperhatikan saat Jalani Diet 

4. Pilih minuman alami

Es teh serta minuman soda mengandung terlalu banyak gula dan bisa berbahaya. Sebaliknya minum air putih atau tawar saja. Jangan membuatnya terlalu dingin karena pembuluh darah akan mengencang membuat merasa lebih panas daripada lebih dingin.

Jika tidak ingin minum air putih, cobalah buttermilk atau jus segar tanpa pemanis. Cobalah jus mentimun yang mendingin secara alami dengan sedikit mint dan jeruk nipis. Bagi mereka yang tidak bisa meminumnya tanpa gula, tambahkan gula merah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini