Waspada, Terlalu Banyak Minum Infused Water Bikin Gigi Sensitif

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 481 2387818 waspada-terlalu-banyak-minum-infused-water-bikin-gigi-sensitif-MfwIwmVBNH.jpg Ilustrasi infused water. (Foto: User18526052/Freepik)

DI masa pandemi covid-19, rutinitas hidup sehat menjadi pilihan banyak orang. Bukan hanya soal olahraga, tapi apa yang dikonsumsi pun menjadi perhatian serius, termasuk rutin minum infused water.

Ya, minuman yang satu ini dianggap menyehatkan dan memberi perlindungan tambahan bagi tubuh dari serangan penyakit. Sebab, air yang diminum mengandung sari dari buah yang ditambahkan ke dalam botol minum.

Baca juga: Gigi Sensitif, Bisa Jadi karena Pola Makan dan Penyakit yang Diderita 

Secara umum, infused water mengandalkan buah seperti lemon, apel, atau jeruk yang bersifat asam. Beberapa tambahan yang kerap dimasukkan ke botol, salah satunya daun mint.

Tapi tahukah Anda, terlalu banyak mengonsumsi infused water ternyata memberi dampak buruk untuk kesehatan gigi?

Ilustrasi gigi sensitif. (Foto: Pch Vector/Freepik)

Dijelaskan prosthodontist, drg Andy Wirahadikusumah Sp.Pros, di masa pandemi ini banyak orang minum infused water. Kebiasaan ini memang baik, tapi harus diperhatikan jumlahnya.

Baca juga: Bleaching Gigi Sebabkan Rasa Ngilu, Apa Solusinya? 

"Jika Anda mengonsumsi infused water yang mengandung buah-buahan cenderung masam, itu bisa menyebabkan terjadinya faktor yang memicu demineralisasi atau larutnya mineral pada email gigi," kata drg Andy dalam webinar beberapa waktu lalu.

Dia menerangkan, ketika lapisan mineral di email gigi terus terkikis karena rutin dan banyak mengonsumsi sesuatu yang asam, maka efek samping yang akan dirasakan adalah gigi mudah ngilu karena gigi jadi sensitif.

Demineralisasi tidak sembuh sendiri. Seseorang mesti memperbaiki kondisi kehilangan lapisan mineral di email giginya dengan melapisi ulang mineral tersebut.

Baca juga: 5 Cara Alami Redakan Sakit saat Gigi Bungsu Tumbuh 

"Karena itu, kami sangat sarankan kalau gigi mudah sekali ngilu, itu tandanya gigi Anda sensitif dan kalau sudah begitu, upaya yang bisa dilakukan adalah mengganti pasta gigi dengan yang khusus mengatasi gigi sensitif," jelasnya.

"Usahakan rutin menggosok gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Ingat, rasa ngilu itu bisa datang kapan saja dan karena itu penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif dalam menekan kemunculan gejala tak nyaman tersebut," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini