6 Langkah Merawat Kesehatan Mata, Salah Satunya Jangan Merokok

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 481 2387832 6-langkah-merawat-kesehatan-mata-salah-satunya-jangan-merokok-Tgu8x8Iq5b.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan mata. (Foto: Freepik)

MATA merupakan jendela dunia. Dengan mata, manusia dapat melihat segala sesuatu yang ada di sekitar. Maka itu, rawatlah mata agar selalu tetap sehat.

Melakukan perawatan mata tidak hanya dengan pergi ke dokter. Menjaga kesehatan mata bisa dengan menjalani hidup sehat, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Cara Memilih Softlens yang Cocok untuk Mata 

Selain hal-hal tersebut, masih ada beberapa tips merawat mata agar tetap sehat, terutama di masa pandemi covid-19 ini.

Bagaimana saja caranya? Simak penjelasan berikut ini, seperti dilansir dari laman WebMD, Kamis (1/4/2021).

Mata. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

1. Selalu konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, vitamin C dan E. Beberapa kandungan tersebut dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Jangan merokok

Merokok hanya memberi dampak negatif untuk tubuh. Rokok bisa merusak saraf optik mata dan menyebabkan degenerasi makula. Ini dapat membuat mata terkena katarak.

Baca juga: Aneh, Wanita Ini Alami Pendarahan dari Mata ketika Menstruasi 

3. Gunakan kacamata hitam

Saat sedang pergi pada siang hari, gunakanlah kacamata hitam. Kacamata hitam tidak hanya untuk bergaya, tetapi dapat melindungi mata dari paparan bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Pilihlah kacamata yang dapat menghalangi 99 hingga 100 persen sinar UVA dan UVB.

4. Gunakan kacamata pelindung

Jika bekerja atau sedang melakukan aktivitas yang menggunakan bahan berbahaya atau yang dapat mencederai mata, gunakanlah kacamata pelindung. Pasalnya, partikel berbahaya yang ada bisa terbawa udara di tempat kerja atau di rumah. Kenakanlah kacamata pengaman atau pelindung agar mata tetap sehat.

Baca juga: Awas Anak-Anak Menderita Mata Malas, Begini Tandanya 

5. Jangan terlalu dekat dengan layar komputer

Menatap layar komputer atau layar ponsel dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan mata kering, ketegangan mata, kesulitan fokus pada jarak jauh, sakit kepala, dan lain-lain. Istirahatkan mata setiap 20 menit agar tidak kelelahan menatap layar komputer.

6. Periksakan mata secara teratur

Mengunjungi dokter mata untuk memeriksakan mata secara teratur dapat membuat mata lebih sehat dengan perawatan yang benar. Pemeriksaan mata juga bisa menemukan penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Hal ini penting untuk dilakukan agar masalah kesehatan mata dapat ditemukan sejak dini dan lebih mudah diobati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini