3 Cara Mengidentifikasi Kekerasan Verbal Pasangan agar Tak Terjebak Toxic Relationship

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 612 2387759 3-cara-mengidentifikasi-kekerasan-verbal-pasangan-agar-tak-terjebak-toxic-relationship-esb5JP3rVr.jpg Kekerasan verbal pasangan (Foto: Heallive)

Kekerasan verbal memang tidak seperti pelecehan fisik, tidak dapat diidentifikasi dengan mudah. Efek yang ditinggalkan oleh kekerasan verbal adalah depresi, kecemasan, punya harga diri rendah, minder yang berlangsung lama.

Tidak ada keraguan jika pasangan Anda menyebabkan luka emosional dengan melakukan kekerasan verbal. Oleh karena itu melansir Times of India, berikut beberapa tanda kekerasan verbal dalam sebuah hubungan. Apa saja?

 pasangan sering menghina

1. Sering menghina

Jika pasangan atau pacarmu sering menghina fisikmu, menghina penampilanmu, menghina pekerjaanmu, maka ini merupakan tanda nyata dia sudah melakukan kekerasan verbal. Sebab semua hinaan yang dia lontarkan bisa membuat Anda merasa rendah diri atau tak percaya diri.

2. Mengalami harga diri rendah dan ketakutan terus-menerus

Jika Anda terus-menerus mengalami masalah harga diri rendah karena kurangnya dukungan dan kepercayaan dari pasangan, inilah saatnya Anda mengatasi masalah kekerasan verbal dalam hubungan Anda.

Anda juga sering merasa takut jika pasangan Anda mungkin akan mungkin akan meneriaki Anda dan terus berbicara yang merendahkan Anda.

3. Sering memanipulasi

Jika Anda mengajak pasangan untuk berdiskusi, dia malah sering memanipulasi Anda sehingga Anda dibuat seolah menjadi pihak yang salah. Hingga Anda meragukan perasaan dan pikiran Anda sendiri.

Mereka akan menyalahkan Anda atas tindakan dan perilaku mereka dan memanipulasi Anda untuk merasa buruk tentang diri Anda sendiri. Mereka selanjutnya akan mengarahkan Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak nyaman bagi Anda demi kepentingannya. Kalau sudah demikian, segera tinggalkan pasangamu ya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini