Hewan Anjing Kerap Mengikuti Pemiliknya, Ini Penyebabnya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 02 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 612 2387945 hewan-anjing-kerap-mengikuti-pemiliknya-ini-penyebabnya-eiLyDfOMlP.jpg Ilustrasi hewan anjing dan pemiliknya. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

ANJING merupakan hewan yang cukup banyak dipelihara manusia. Pasalnya, anjing bisa sangat setia dan menurut dengan pemiliknya, dapat diperintahkan apa saja sesuai kemampuannya.

Saking setianya, ada satu perilaku anjing yang sering dilihat, yakni selalu mengikuti pemiliknya ke mana pun pergi. Lantas, kenapa ini bisa terjadi?

Baca juga: Kisah Haru, Anjing Ini Tak Mau Melepaskan Pelukan dari Pemiliknya yang Pakai Ventilator 

Sebagaimana dilansir laman Mentalfloss, perilaku ini dilakukan anjing karena beberapa latar belakang yang menyebabkannya. Para ahli mengatakan anjing selalu mengikuti pemiliknya karena mentalitas kelompok mereka.

Anjing masih menganggap dirinya sebagai bagian dari anggota kelompok seperti nenek moyangnya. Saat tidak ada anjing lain di sekitarnya, maka manusia dianggap sebagai kawan bagi mereka.

Hewan anjing. (Foto: Alvan Nee/Unsplash)

Menurut laporan Reader's Digest, naluri genetik inilah yang juga memotivasi anjing untuk selalu mencari sentuhan fisik manusia.

Kemudian penyebab lain yang melatarbelakangi perilaku tersebut karena hubungan yang dibangun antara anjing dan pemiliknya.

Salah seorang dokter hewan, Rachel Barrack, mengatakan kepada American Kenel Club bahwa anak anjing berusia 6 bulan dapat menganggap pemiliknya seperti induknya sendiri. Bahkan anjing yang lebih tua dapat terikat dengan pemiliknya karena perhatian, kasih sayang, keamanan, serta kepercayaan di antara keduanya.

Baca juga: Pura-Pura Pincang, Anjing ini Kibuli Majikannya hingga Rugi Rp5,7 Juta 

Penyebab terakhir mengapa anjing selalu mengikuti pemiliknya karena perlakuan khusus terhadap hewan tersebut. Misalnya dengan memberikan hadiah atau camilan kepada anjing ketika melakukan hal positif. Artinya, mengasosiasikan hadiah dengan perilaku positif anjing.

Anjing yang selalu mengikuti pemiliknya bukanlah pertanda buruk. Justru ini merupakan hal yang baik karena anjing melihat pemiliknya secara positif.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini