Kenapa Ada Pola Putih di Kuku? Simak Jawabannya

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 03 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 02 612 2388563 kenapa-ada-pola-putih-di-kuku-simak-jawabannya-Dk6qoObjKs.jpg Kuku jari tangan. (Foto: Racool Studio/Freepik)

PERNAHKAH Anda memerhatikan di kuku jari ada pola berwarna putih? Ya, pola putih itu terletak di bagian pangkal kuku. Besar atau kecilnya pola putih tersebut tergantung diameter kuku jarinya.

Kuku sendiri merupakan bagian tubuh manusia yang melindungi urat saraf jari. Melalui kuku, manusia bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Lantas, apakah pola putih di kuku adalah hal buruk?

Baca juga: Beautypedia, 6 Cara Merawat Kecantikan dan Kesehatan Kuku 

Sebenarnya "bintik susu" itu adalah kondisi normal dan biasa terjadi. Pola putih yang dikenal dengan Punctate leukonychia ini muncul dikarenakan trauma pada kuku. Terjepit pintu hingga mengetuknya secara berlebihan dapat menjadi penyebabnya.

Kuku. (Foto: Freepik)

Sebagaimana dijelaskan laman Mentalfloss, sebuah studi mengungkap pola putih itu terbentuk di dasar bantalan kuku, kemudian tumbuh seperti bagian kuku lainnya.

Dalam beberapa kasus, kekurangan zat seng dapat menjadi pemicu munculnya bintik susu tersebut. Tapi, seperti penjelasan dalam buku 'The Nails in Disease', hal itu jarang terjadi dan sebagian tidak memiliki penyebab khusus.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Kuku, Salah Satunya Minum Cukup Air 

Meski demikian, ada beberapa jenis Punctate leukonychia yang perlu diperhatikan. Leukonychia totalis menunjukkan kondisi seluruh kuku telah memutih. Ini jadi pertanda masalah kesehatan serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, atau diabetes.

Kemudian ada lagi yang disebut garis Mees, yakni ketika pola putih muncul pada kuku membentuk pita. Ini bisa jadi indikasi tubuh keracunan arsenik atau talium.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini