Gaungkan Konsep Sustainable MUFFEST 2021 Digelar di Surabaya

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 03 April 2021 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 194 2388709 gaungkan-konsep-sustainable-muffest-2021-digelar-di-surabaya-enZMEcCubs.jpg MUFFEST (Foto: Pradita/ Okezone)

Tidak hanya di Jakarta dan Yogyakarta, tahun ini perhelatan salah satu pekan mode terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST 2021) tahun ini juga hadir di Kota Pahlawan, Surabaya.

Diselenggarakan dari 1 hingga 11 April 2021 di Pakuwon Mall, National Chairman IFC sekaligus desainer, Ali Charisma menyebutkan tahun ini MUFFEST yang melibatkan kurang lebih 20 orang desainer mode dilaksanakan dengan mengusung tema besar sustainable fashion, atau fesyen berkelanjutan. Dengan harapan, tidak hanya para penikmat fesyen tapi juga pesannya bisa sampai bagi para pelaku industri mode di Indonesia itu sendiri.

 MUFFEST

“Masa pandemi yang berkepanjangan dengan dampak besar sekali terhadap industri fesyen, kami sadar bahwa kami perlu bergandeng tangan, bergerak bersama dengan menyesuaikan perubahan kondisi sekarang sehingga industri fesyen di Indonesia mulai menggeliat lagi. MUFFEST mengajak pelaku dan pengguna fesyen untuk sadar dan memahami pentingnya sustainable fashion,” kata Ali Charisma, dalam gelaran konferensi pers daring belum lama ini.

Mengusung konsep fesyen berkelanjutan yang ramah lingkungan, dalam menampilkan koleksi rancangan di panggung runaway MUFFEST. Ali menambahkan, para desainer tidak wajib membuat koleksi rancangan terbaru. Justru bisa memodifikasi, memanfaatkan koleksi sebelumnya yang sudah ada.

“Sesuai konsep sustainable, peserta MUFFEST kali ini tidak harus membuat koleksi baru, namun bisa memanfaatkan koleksi lama dengan syarat disesuaikan perkembangan tren terbaru supaya diterima oleh pasar secara luas,” imbuhnya.

Kehadiran MUFFEST di Surabaya disambut dengan antusiasme para pelaku industri fesyen muslim yang berbasis di Jawa Timur dan sekitarnya. Melalui pameran dan fashion show di MUFFEST, para pelaku kreatif dan usaha berharap dapat menggenjot kembali pasar busana muslim di Tanah Air, terlebih lagi saat jelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini.

Desainer nasional Hannie Hananto pun berharap dengan terselenggaranya MUFFEST di masa pandemi dapat mengangkat kembali sektor usaha fesyen muslim di daerah untuk memulihkan industri domestik fesyen Muslim.

“Masyarakat tetap butuh dan membeli baju untuk Ramadan dan Lebaran, jadi masih ada kesempatan buat kita, para desainer dan brand fesyen muslim. Kita harus semangat untuk tetap membuat koleksi baru. Sangat penting kita mengikuti event seperti MUFFEST, kita tidak bisa ikut event sekali saja, tapi harus berkelanjutan, konsisten berulang kali sampai pangsa pasar yang dituju aware terhadap brand atau produk kita,” pungkasnya.

Setelah Surabaya, selanjutnya, MUFFEST akan diselenggarakan di tiga kota lainnya. Jakarta, Bandung dan Bekasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini