Awas, Lapar Bisa Bikin Gampang Marah

Hantoro, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 612 2388930 awas-lapar-bisa-bikin-gampang-marah-a7mLLMaXsH.jpg Ilustrasi perut lapar. (Foto: Shutterstock)

LAPAR dan rasa emosi ternyata memiliki keterkaitan. Jika perut lapar maka bisa membuat gampang marah. Maka itu, jangan menimbulkan hal-hal yang bisa menyinggung jika seseorang sedang lapar, dapat berakibat fatal.

Rasa lapar sendiri adalah tanda dari dalam tubuh untuk segera makan. Lapar yang muncul bisa ditandai bunyi dari dalam perut atau kondisi lemas yang dirasakan tubuh.

Baca juga: Bukan Bikin Kenyang, 10 Makanan Ini Justru Membuat Tambah Lapar 

Seperti dilaporkan laman Mentalfloss, ada alasan fisiologis bahwa suasana hati akan menurun ketika rasa lapar meningkat dan melibatkan glukosa darah. Ini juga yang menjadi alasan mengapa penderita diabetes lebih sering murung atau bingung ketika kadar gula darahnya rendah.

Tubuh memproses makanan yang dimakan menjadi asam amino, lemak, dan gula sederhana, seperti glukosa. Secara khusus, otak bergantung pada fungsi glukosa.

Ilustrasi marah. (Foto: Unsplash)

Kemungkinan seseorang akan gagap ketika berbicara, sulit konsentrasi, dan membuat kesalahan sederhana. Rasa cemas, pusing, serta gemetar akan terasa. Ada juga kemungkinan marah terhadap sesuatu hal yang biasanya tidak membuat emosional.

Hubungan antara gula darah rendah dan amarah yang begitu kuat dibuktikan melalui sebuah studi pada 1984. Studi ini memprediksi kekerasan dari orang-orang yang kesulitan mengatur glukosa darahnya.

Baca juga: Tips Cegah Hidden Hunger, Asupan Nutrisi Jadi Kuncinya 

Ketika glukosa hampir habis, otak akan mengirim pesan ke organ tertentu untuk meningkatkan level. Ini bisa memicu adrenalin dan membuat seseorang cepat marah.

Jadi saat perasaan itu mulai muncul ketika seseorang lapar, pilihan terbaik makanan yang harus dikonsumsi seperti kacang-kacangan, alpukat, yoghurt, hingga telur. Jenis makanan-makanan ini memiliki nutrisi serta mampu menstabilkan kadar gula darah.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini