5 Cara Menghemat Uang di Tengah Pandemi, Dicoba Ya!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 05 April 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 612 2389110 5-cara-menghemat-uang-di-tengah-pandemi-dicoba-ya-RAGfy6OcHn.jpg Menghemat uang (Foto: Pixabay)

Saat pandemi Covid-19 kadang kita malah kalap belanja online dengan alasan mengusir bosan. Kebiasaan buruk menghabiskan uang semacam itu harus dihentikan.

Kita harus mencari cara untuk menghemat di tengah pandemi agar mempunyai tabungan. Seperti dilansir dari Money Under 30, berikut ini cara menghemat di tengah pandemi

 menghemat uang

1. Menerapkan motivasi kuat

Ketika dalam melakukan hal apapun, hal utama yang harus dilakukan adalah memiliki motivasi dan niat kuat. Bukan cuman sekedar dari omongan, tapi niat dari hati supaya menjalankannya gak setengah hati.

Ketika memiliki pemikiran jangka panjang, maka kita akan menyusun hal-hal apa saja yang harus dan tidak lakukan. Buat rencana serealistis mungkin agar dapat menerapkan hidup hemat.

2. Membuat anggaran

Anggaran merupakan kunci utama dalam menghemat pengeluaran. Banyak yang beranggapan membuat anggaran itu susah dan bikin males. Padahal kalau sudah dibuat gak begitu ribet, kok. Karena anggaran merupakan langkah awal dalam penghematan.

3. Catat pengeluaran

Kalian bisa mencatat pengeluaran di manapun. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi manager keuangan di dalam handphone-mu, tinggal install saja. Nah, kamu jadi tahu pengeluaranmu untuk apa saja.

4. Beli sesuai Kebutuhan

Jika sudah punya anggaran, beli segala kebutuhan sesuai dengan budget yang ada pada anggaran. Kalau dalau keadaan darurat pun, tetap beli dengan sesuai budget jangan berlebihan.

Jangan pula tergiur dengan belanja online yang tidak begitu bermanfaat. Fokuskan saja pada belanja barang-barang yang sudah pasti dibutuhkan.

5. Belanja makanan secukupnya

Jangan pernah belanja makanan sebanyak-banyaknya untuk mengisi kulkas. Sebab hal itu hanya akan meubazir. Misalnya saja sayur mayur dan buah-buahan yang membusuk di kulkas karena tak segera dimasak. Belanja makanan sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini