Unik, Kucing Bisa Pilih Makanan Sesuai Kebutuhan Nutrisinya

Hantoro, Jurnalis · Senin 05 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 612 2389249 unik-kucing-bisa-pilih-makanan-sesuai-kebutuhan-nutrisinya-VjO0pqqUtJ.jpg Hewan kucing. (Foto: Chunlea Ju/Unsplash)

KUCING adalah hewan yang disukai banyak orang karena lucu dan penurut. Ada sejumlah kucing yang dapat ditemui saat ini, di antaranya kucing kampung, persia, bengal, hingga maine coon. Setiap kucing memiliki bentuk fisik, karakter, dan kebiasaan tersendiri. Ini yang membedakan satu sama lain.

Kemudian ada hal menarik yang jadi perhatian banyak orang. Ketika menyediakan makanan di wadah, kadang kucing tidak habis menyantapnya atau bahkan tak disentuh sama sekali. Ini sering terjadi dan membuat kucing terkesan pilih-pilih makanan.

Baca juga: Menakjubkan, Ini yang Terjadi ketika Kucing Dipanggil Namanya 

Sebagaimana dilansir laman Mentalfloss, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan jurnal Royal Society Open Science, perilaku ini karena kucing mencari makanan yang selaras dengan kebutuhannya.

Kucing biasanya suka makanan berprotein tinggi dan lemak sedang. Hewan ini lebih mementingkan makanan untuk sumber energi daripada sekadar bau dan teksturnya.

Kucing. (Foto: Dimhou/Pixabay)

Dalam studi tersebut, seekor kucing disajikan hidangan makanan yang memiliki rasio protein dan lemak yang memiliki beberapa rasa. Mulai makanan rasa seperti kelinci, makanan rasa ikan, hingga rasa seperti jeruk.

Pada akhirnya, kucing paling banyak memakan hidangan yang paling mendekati kebutuhan nutrisinya. Ini artinya kucing mencari makan bukan berdasarkan rasa, namun sesuai kebutuhannya.

Baca juga: Netizen Marah Lihat Video Viral Pria Bunuh Kucing: Kejam dan Sadis 

Setelah kucing mendapatkan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisinya, dia tidak akan memakan hidangan yang lain.

Tim ilmuwan studi ini, Adrian Hewson-Hughes, percaya bahwa kucing punya versi makanan hewan neophobia atau keengganan untuk mencoba hal-hal baru.

Tapi bagaimana kucing mengetahui kebutuhan nutrisinya tercukupi masih menjadi misteri yang belum terjawab.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini