Tak Hanya untuk Obat, Bunga Telang Juga Lezat Jadi Campuran Makanan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 05 April 2021 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 298 2389765 tak-hanya-untuk-obat-bunga-telang-juga-lezat-jadi-campuran-makanan-p6ID9UI0SQ.jpg Nasi goreng bunga telang (Foto: Ist)

Di masa pandemi, campuran makanan dengan bahan-bahan organik cukup digandrungi oleh masyarakat. Selain banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa menjadi salah satu varian sajian pilihan. Misalnya bunga telang.

Bunga telang (Clitoria ternatea) merupakan tumbuhan merambat jenis polong-polongan. Bunga bewarna ungu ini, bisa dijadikan campuran bahan makanan secara alami.

 bunga telang

Misalnya nasi uduk bunga telang. Umumnya kudapan ini bewarna kuning dan putih, namun campuran zat aktif bunga telang dan perasan lemon membuatnya menjadi bewarna ungu.

Makanan ini disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, empat sehat lima sempurna. Di antaranya irisan telur dadar, ayam suwir bumbu sereh, sambal kecombrang, lalapan serta bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Founder House of Phyto Organic, Listianawati Setio mengatakan, sepiring nasi uduk bunga telang ini mengandung setidaknya 326 kalori.

"Bunga telang cocok dikonsumsi untuk yang sedang diet," katanya kepada MNC Portal di Cafe Phyto Organic, Pantai Indah Kapuk (PIK) belum lama ini.

Ia melanjutkan, tak hanya cocok untuk yang sedang diet, bunga telang juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, antioksidan tinggi hingga anti depresi.

"Mengatasi gangguan mata, meredakan batuk dan asma, hingga detoksifikasi," tambahnya.

Selain dicampur ke dalam nasi uduk, zat aktif sari bunga telang juga bisa berinovasi menjadi minuman kekinian. Salah satunya butterfly pea latte.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini