Warga Sulut Demam Usai Dapat Vaksin AstraZeneca, Ini Penjelasan Komnas KIPI

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 April 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389351 warga-sulut-demam-usai-dapat-vaksin-astrazeneca-ini-penjelasan-komnas-kipi-YH62zq1a2x.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Freepik)

KEJADIAN ikutan pasca-imunisasi (KIPI) menjadi salah satu risiko dari program vakinasi nasional covid-19. Dalam kegiatan vaksinasi massal menggunakan Vaksin AstraZeneca di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ditemukan empat orang yang mengalami KIPI atau efek samping.

Baca juga: Bukan Tripsin Hewani, Ini yang Digunakan Vaksin AstraZeneca 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Senin (5/4/2021), empat kasus tersebut berupa mengigil demam, dan pegal. Pemerintah langsung melakukan investigasi terhadap kasus KIPI itu.

Setelah diinvestigasi bersama oleh Komisi Daerah KIPI Sulawesi Utara bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan, WHO, dan UNICEF dinyatakan bahwa empat kasus tersebut termasuk KIPI ringan.

Baca juga: Waduh, AstraZeneca Punya Arti Senjata yang Mematikan? 

Ketua Komnas KIPI Profesor Dr dr Hindra Irawan Satari angkat bicara mengenai penemuan empat kasus KIPI di Sulawesi Utara. Ia menyebut bahwa KIPI yang terjadi di Sulut bersifat ringan dan sebagian kecil juga berkait dengan reaksi kecemasan.

"Sehingga, kami mengeluarkan rekomendasi bahwa vaksin ini dapat diteruskan dalam program imunisasi (vaksinasi) nasional di Sulawesi Utara," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini