Lansia Diimbau Tidak Takut Divaksin, Efek Pusing Sedikit Itu Reaksi Wajar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 April 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389357 lansia-diimbau-tidak-takut-divaksin-efek-pusing-sedikit-itu-reaksi-wajar-01ZUBNGSEb.jpeg Vaksinasi untuk masyarakat lansia. (Foto: Kemenkes.go.id)

VAKSINASI covid-19 telah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia. Meski demikian, masih ada beberapa orang yang justru ragu dan takut untuk mendapatkan suntikan vaksin. Salah satunya adalah kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

Ketakutan dan kekhawatiran tersebut dipicu kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) atau efek samping yang muncul di masyarakat. Padahal sampai saat ini kasus KIPI yang dilaporkan hanya ringan dan sedang. KIPI yang paling sering terjadi biasanya demam dan pusing.

Baca juga: Daftar Vaksinasi Covid-19 Lansia, Ingat 12 Hal Ini 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Senin (5/4/2021), masyarakat diimbau tidak perlu khawatir terhadap vaksinasi covid-19. Sebab sebelum vaksinasi, calon penerima bakal melewati proses skrining.

Antusiasme Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19

"Sebelum divaksin kan dicek dulu kondisi kesehatannya. Jadi ketika disuntikkan vaksin covid-19, artinya tubuh siap menerima vaksin. Kalau mengantuk dan pusing sedikit, itu reaksi yang wajar," jelas unggahan tersebut.

Baca juga: Menkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Belum di Semua Wilayah 

Oleh karena itu, masyarakat luas khususnya lansia sebaiknya segera divaksinasi. Sebab walaupun banyak berada waktu di rumah, tetap ada kemungkinan bisa tertular covid-19 dari anggota keluarga yang lain.

"Lansia ini risikonya tinggi sekali kalau sampai tertular covid-19," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini