Malas Merawat Gigi dan Mulut Selama Pandemi, Atasi dengan 3 Cara Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 April 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389392 malas-merawat-gigi-dan-mulut-selama-pandemi-atasi-dengan-3-cara-ini-wD9O8NIEDy.jpg Ilustrasi merawat kesehatan gigi dan mulut. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyatakan terdapat penurunan kebiasaan merawat gigi dan mulut selama pandemi covid-19. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan risiko komplikasi covid-19 meningkat terhadap pasien yang mengalami radang gusi.

Tentunya kebiasaan bekerja dari rumah bukan menjadi alasan untuk menomorduakan kesehatan gigi dan mulut. Sebab, kesehatan gigi dan mulut memegang peranan penting bagi manusia.

Baca juga: Tetap Dilakukan saat Ramadhan, Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa Kok 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (5/4/2021), berikut cara yang bisa dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut bisa tetap terjaga di masa pandemi covid-19. Yuk disimak.

Ilustrasi kesehatan gigi dan mulut. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Rutin menggosok gigi saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Melakukan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Tentunya memerhatikan protokol kesehatan ketika hendak berkunjung ke dokter gigi.

3. Bagi penderita covid-19, berkumur dua kali sehari menggunakan cairan povidone iodine dapat menurunkan jumlah virus SARS-Cov-2 yang ada di rongga mulut.

Baca juga: Waspadai Penyakit Ini Selama Musim Pancaroba di Masa Pandemi 

Dengan mengikuti cara tersebut, masyarakat diimbau untuk lebih rajin dan rutin menjaga gigi dan mulut selama masa pandemi covid-19.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini