Semua KIPI Disebabkan Vaksinasi Covid-19? Ini Penjelasan Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 April 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389420 semua-kipi-disebabkan-vaksinasi-covid-19-ini-penjelasan-dokter-aSooA4RnTL.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Freepik)

SELAIN dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap covid-19, vaksinasi rupanya juga bisa menimbulkan efek samping tertentu bagi para penerimanya. Tidak sedikit laporan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang dilaporkan selama program vaksinasi covid-19. Lantas, apakah semua gejala yang dirasakan atau KIPI disebabkan vaksinasi?

Dokter relawan covid-19 Muhammad Fajri Adda'i menjelaskan bahwa KIPI memiliki hubungan temporal atau waktu dengan gejala yang dirasakan seseorang.

Baca juga: Warga Sulut Demam Usai Dapat Vaksin AstraZeneca, Ini Penjelasan Komnas KIPI 

"KIPI itu kejadian ikutan pasca-imunisasi, artinya ada hubungan temporal atau waktu. Misalnya ada yang pingsan usai divaksin atau mengalami serangan jantung. Jedanya bisa 1 hari atau 10 menit, namun bisa juga dalam beberapa jam," terang dr Fajri, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Senin (5/4/2021).

Meski demikian, ia mengatakan belum tentu semua KIPI disebabkan vaksinasi. Artinya, tidak semua kejadian yang terjadi pasca-imunisasi dikarenakan oleh vaksin, meskipun semua itu disebut dengan KIPI.

Baca juga: Ahli: Efek Samping Vaksinasi Covid-19 adalah Hal Wajar 

Ia pun memberi contoh kasus yakni terdapat laporan empat hari setelah disuntik vaksin, seseorang mengalami selulit atau infeksi di kaki. Pada umumnya seseorang bakal menduga hal tersebut disebabkan vaksin sehingga timbul infeksi. Selulit adalah suatu kejadian infeksi pada kulit, biasanya disebut selulitis.

"Apakah ada kaitannya dengan vaksin? Ya belum tentu. Sehingga diperlukan investigasi bagaimana riwayat orang tersebut, apakah seseorang memiliki penyakit penyerta lain. Artinya, tidak semudah itu seseorang menentukan KIPI," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini