Ini Langkah yang Harus Dilakukan jika Mengalami KIPI Usai Divaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 April 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389444 ini-langkah-yang-harus-dilakukan-jika-mengalami-kipi-usai-divaksin-fj8UsGF72e.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Shutterstock)

VAKSINASI covid-19 berguna melindungi diri dari paparan virus corona. Namun, ada kalanya vaksin menimbulkan efek samping terhadap penerimanya. Ini biasa disebut kejadian ikutan pasca-vaksinasi atau KIPI.

Tentunya gejala KIPI bisa bermacam-macam. Lantas, apa yang harus dilakukan jika mengalami KIPI?

Baca juga: Warga Sulut Demam Usai Dapat Vaksin AstraZeneca, Ini Penjelasan Komnas KIPI 

"Tidak semua KIPI disebabkan oleh vaksinasi, kecuali memang jika gejala tersebut sudah ada dalam proses uji klinis seperti demam, batuk, menggigil, badan terasa tidak enak, mual, diare, sakit kepala, vertigo, dan lain-lainnya," terang dokter relawan covid-19 Muhammad Fajri Adda'i, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Senin (5/4/2021).

Vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

Oleh karena itu jika seseorang mengalami gejala atau apa pun yang dirasakan usai vaksinasi, sebaiknya menghubungi nomor telepon yang diberikan saat observasi pada tahap keempat dalam proses vaksinasi tersebut.

Baca juga: Ahli: Efek Samping Vaksinasi Covid-19 adalah Hal Wajar 

"Tanya kenapa bisa seperti ini? Apakah ada kaitannya? Lantas, saya harus apa? Minum obat apa? Harus ke mana? Kenapa begitu? Agar bisa di-follow up untuk menjawab pertanyaam dan keresahan seseorang," lanjutnya.

Lebih lanjut dr Fajri mengatakan jika seseorang mencari informasi sendiri, maka berisiko menimbulkan polemik. Terlebih lagi apabila penjelasan tidak berasal dari sumber yang kredibel dengan data yang valid.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini