Manfaat Berkuda, Olahraga yang Digemari Nia Ramadhani

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 April 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389534 manfaat-berkuda-olahraga-yang-digemari-nia-ramadhani-lHCahfNvuX.jpg Nia Ramadhani hobi olahraga berkuda. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

ARTIS Nia Ramadhani dikenal dengan kehidupannya yang mewah. Baik dari selera fashion hingga olahraga, ia memiliki selera yang cukup fantastis bak sultan. Salah satu olahraga yang digemari Nia Ramadhani adalah berkuda. Nia juga kerap membagikan momen berkudanya melalui unggahan di akun Instagram-nya.

Diketahui, berkuda merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan biaya tinggi. Harga kudanya bisa berkisar dari jutaan hingga miliaran rupiah. Melihat biayanya yang sangat mahal, kira-kira benefit yang didapat worth it enggak sih sama harganya?

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut lima manfaat dari olahraga berkuda, sebagaimana MNC Portal rangkum dari laman Gulfnews, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Gaya Nia Ramadhani Menunggangi Kuda, Cantik Banget! 

1. Melatih otot inti

Orang mungkin menganggap menunggang kuda sebagai aktivitas rekreasi, padahal itu juga salah satu bentuk kebugaran isometrik yang dapat memperkuat inti tubuh. Dengan menyeimbangkan diri pada hewan, Anda dipaksa menggunakan otot tertentu, seperti paha.

Kuda sering digunakan oleh penyandang disabilitas atau orang yang baru pulih dari cedera karena alasan ini. Latihan isometrik adalah latihan dalam posisi statis, sedangkan sudut sendi dan panjang otot Anda tidak berubah selama rutinitas.

Nia Ramadhani hobi olahraga berkuda. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

2. Menguatkan otot paha

Siapa pun yang bersepeda dalam waktu lama mungkin akan mengalami kaki kaku dan paha pegal. Itu karena bersepeda menggunakan otot berbeda dengan yang Anda gunakan saat berkuda.

Menunggangi kuda dapat melatih otot bokong, paha depan, dan paha belakang. Otot akan mengencang dan mengendur saat Anda bergerak naik dan turun bersama kuda.

Baca juga: Libur Panjang, Nia Ramadhani Asyik Berkuda dan Main Golf 

3. Membakar kalori

Memang tidak seperti olahraga lari atau mendayung, kuda yang melakukan sebagian besar pekerjaan. Kendati demikian, olahraga berkuda juga membakar kalori.

Berdasarkan penjelasan Federasi Berkuda Inggris, berlari pelan selama 30 menit membakar sekira 360 kalori dan membantu mengencangkan perut. Pada dasarnya, ini adalah bentuk latihan intensitas sedang yang dapat dikontrol oleh seberapa keras Anda memutuskan menunggangi kuda.

Nia Ramadhani hobi olahraga berkuda. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

4. Meningkatkan fleksibilitas

Jika terbiasa dengan pemandangan seseorang yang selalu gagal ketika coba menunggang kuda, Anda akan menyadari bahwa melemparkan kaki ke atas tubuh kuda tidak selalu mudah bagi semua orang.

Faktanya dengan menunggang kuda, bagian tertentu dari tubuh, seperti pinggul, cenderung meningkat dalam hal kelenturan, bergantung pada makin sering Anda mencobanya.

Nia Ramadhani hobi olahraga berkuda. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Baca juga: Gaya Nia Ramadhani Berkuda, Hobi Mahal ala Horang Kaya 

5. Kesehatan mental

Sebagai makhluk cerdas yang terkadang tampaknya memiliki kemampuan mengerikan untuk bereaksi terhadap emosi Anda, kuda juga dikenal karena kualitas penghilang stresnya. Sejak 600 tahun sebelum masehi (SM), ada bukti bahwa orang Yunani Kuno mengakui nilai terapeutik kuda.

Meskipun legitimasi ilmiah dari terapi kuda untuk mengobati kondisi seperti autisme atau depresi, dibandingkan perawatan yang lebih dapat diverifikasi, tidak terlalu jelas, secara luas dapat diterima bahwa satu jam atau lebih di atas pelana cenderung mengurangi tingkat stres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini