5 Manfaat Menurunkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 481 2389663 5-manfaat-menurunkan-berat-badan-bagi-penderita-diabetes-tipe-2-UQ46EOJLHQ.jpg Ilustrasi menurunkan berat badan. (Foto: Jcomp/Freepik)

MENJAGA berat badan adalah langkah pertama menuju hidup sehat. Namun tahukah Anda, menurunkan berat badan juga bisa membantu mengelola diabetes tipe 2?

Berdasarkan penjelasan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), menurunkan berat badan dapat meningkatkan kontrol gula darah dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta penumpukan plak diarteri.

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Gula, Yuk Beralih Sebelum Diabetes 

Kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan telah terbukti mengurangi jumlah pengobatan diabetes. Penurunan berat badan harus menjadi prioritas orang-orang yang menderita diabetes tipe 2. Ini untuk mengontrol kondisi kesehatannya.

Seperti dilansir laman Times of India, Selasa (6/4/2021), ini manfaat menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tipe 2.

Ilustrasi diabetes. (Foto: Boldsky)

1. Peningkatan resistensi insulin

Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak merespons insulin yang diproduksi oleh pankreas sehingga kadar glukosa darah naik. Ini disebut resistensi insulin dan sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan.

Menurunkan berat badan dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan resistensi insulin. Saat resistensi insulin turun, itu bagus untuk mengontrol diabetes.

2. Hasil A1C yang lebih baik

Saat sensitivitas insulin meningkat dengan penurunan berat badan, Anda melihat hasil yang lebih baik dalam laporan A1C. Sesuai laporan American Diabetes Association, tes A1C adalah kadar gula darah rata-rata dari dua hingga tiga bulan terakhir.

Itulah mengapa dikatakan bahwa perubahan gaya hidup melalui pola makan dan olahraga adalah cara terbaik untuk mengobati diabetes tipe 2.

Baca juga: Diabetes Mellitus yang Tidak Terkontrol Sebabkan Komplikasi Akut 

3. Menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol

CDC melaporkan, masalah jantung dan diabetes terkait, lalu tekanan darah tinggi dan kolesterol umum terjadi pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Tekanan darah tinggi dapat merusak dinding arteri dan memiliki terlalu banyak LDL dan trigliserida dapat merusak dinding arteri juga.

Obesitas merupakan faktor risiko kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, tetapi menurunkan berat badan dapat menurunkan risikonya. Dalam sebuah penelitian terhadap 401 orang, mereka yang kelebihan berat badan dan kehilangan 5 sampai 10 persen berat badannya, kadar kolesterol total, trigliserida, serta kolesterol LDL juga menurun secara signifikan.

4. Energi meningkat dan suasana hati membaik

Ketika orang menurunkan berat badan dan mengikuti rutinitas diet yang sehat, tingkat energinya naik dan suasana hati meningkat. Menurut CDC, menurunkan berat badan meningkatkan kepercayaan diri serta kesehatan mental. Ini karena orang merasa lebih baik tentang diri dan tubuhnya setelah menurunkan berat badan. Hal ini memotivasi dan mendorong mereka untuk lebih mengontrol diabetesnya.

Baca juga: Penderita Diabetes Tipe 2 Waspada Berat Badan Naik, Kenali Penyebabnya 

5. Mengurangi risiko apnea tidur

Diabetes meningkatkan kemungkinan menderita apnea tidur. Apnea tidur adalah gangguan yang menyebabkan pernapasan tidak normal saat tidur. Sekira 71 persen orang yang menderita diabetes mengalami apnea tidur obstruktif.

Penelitian telah menemukan bahwa penurunan berat badan dapat memperbaiki sleep apnea serta meningkatkan kualitas tidur. Tidur nyenyak dapat membantu Anda mengontrol diabetes dengan lebih baik karena kurang tidur dapat meningkatkan resistensi insulin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini