Mengenal 4 Jenis Essential Oil dan Manfaatnya

Highend, Jurnalis · Senin 05 April 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 611 2389711 mengenal-4-jenis-essential-oil-dan-manfaatnya-8FHANOUpLl.jpg Essential Oil. (Foto: Freepik)

ESSENTIAL Oil memang dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Memang, minyak ini memiliki sejarah yang cukup lama, karena konon digunakan pada masa Mesopotamia dan Mesir Kuno.

Disebut sebagai minyak atsiri, orang Mesir menggunakannya untuk tujuan pengobatan dan kosmetik, minyak tersebut juga digunakan untuk proses pengobatan. Tidak hanya di Mesir, Essential Oil juga digunakan di China dan India sejak tahun 3.500 SM yang menjadi cikal bakal pengobatan Ayurveda.

Essential Oil sendiri merupakan senyawa hasil ekstrasi dari berbagai bagian tumbuhan, seperti kelopak bunga, biji, daun, kulit kayu hingga akar. Ekstrak tumbuhan ini melalui proses penyulingan atau distilasi uap untuk menghasilkan minyak yang wangi dan memiliki banyak manfaat.

Karena berasal dari bahan alami, Essential Oil dipercaya bagus untuk menjaga fungsi tubuh (fisik), emosi serta pikiran agar menjadi lebih baik. Aromanya dapat menenangkan juwa, membangkitkan semangat serta menghilangkan emosi negatif.

Berikut beberapa jenis Essential Oil berikut manfaatnya, seperti dilansir dari Highend.

Essential oil

Lavender Essential Oil

Minyak yang berasal dari ekstrak bunga lavender ini dipercaya berkhasiat meredakan stres dan kegelisahan atau kecemasan. Dengan menghirup aroma lavender ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga dapat membantu tidur menjadi lebih lelap. Minyak lavender ini juga terbukti dapat menjadi agen yang efektif dalam melawan bakteri sehingga dapat membantu pengobatan.

Lemongrass Essential Oil

Lemongrass Essential Oil atau minyak serai ini memiliki sifat anti bakteri yang dapat menyembuhkan luka dan mencegah infeksi. Menurut penelitian, minyak ini efektif dalam melawan, menghambat dan membunuh bakteri.

Minyak serai ini juga bermanfaat untuk mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Jika Anda merasa pegal-pegal, Anda dapat mengoleskan minyak ini pada otot-otot yang kaku atau sakit.

Cananga Essential Oil

Cananga Essential Oil ini mengandung beta-caryophyllene yang dapat membantu menghilangkan dan mengurangi mikroorganisme seperti E. Coli, Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenza.

Beta-caryophyllene ini mendukung fungsi sel yang sehat serta mendukung fungsi saraf dan kekebalan yang sehat. Minyak ini juga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi dan memperbaiki suasana hati, termasuk membantu meredam perasaan cemas, depresi sedih atau stress.

Peppermint Essential Oil

Minyak peppermin ini memiliki banyak manfaat seperti mengembalikan dan merawat rasa sakit pada tubuh. Sifat pendinginan alaminya membantu dalam menghilangkan rasa nyeri atau kram dan kejang otot.

Minyak ini dipercaya dapat mengembalikan daya fokus serta meningkatkan mood ketika tubuh merasa lelah atau penat. Pada minyak peppermint ini terdapat senyawa yang mengandung antivirus, antimikroba serta antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi pada saluran pernapasan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini