Bekas Jerawat Bisa Hilang dalam Waktu Singkat? Jangan Percaya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 April 2021 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 611 2389866 bekas-jerawat-bisa-hilang-dalam-waktu-singkat-jangan-percaya-yjDgMWxq9T.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WAJAH berlubang karena bekas jerawat atau dalam dunia kecantikan medis disebut Acne Scars, memang sangat merusak penampilan. Banyak krim kecantikan pun menawarkan solusi praktis untuk menghilangkan bekas jerawat, tapi apa ampuh?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Sammy Yahya, Sp.KK, mengatakan sebaiknya jangan percaya dengan pernyataan bekas jerawat bisa hilang dalam sekali penggunaan alat atau obat.

Menurutnya, pengobatan bekas jerawat memerlukan waktu yang cukup lama seiring dengan fase penyembuhan luka yang diharapkan untuk memperbaiki bekas jerawat. Dengan begitu, belas jerawat memerlukan terapi secara intensif dan berkesinambungan demi mendapat hasil yang optimal dan permanen.

"Hal yang mau saya sampaikan juga ialah jangan pernah percaya dengan janji krim bisa hilangkan bolong di wajah. Sebab, kenyataannya tidak bisa," katanya.

bekas jerawat

Dokter Sammy menyatakan, pengobatan jerawat, khususnya wajah berlubang, ada baiknya menggunakan beberapa modalitas terapi, misalnya dengan chemical peeling, mikrodemabrasi, microneedling, mau pun laser. Penggunaan krim wajah tetap perlu dijalani untuk memaksimalkan hasil dan menjaga kesehatan wajah.

Dia melanjutkan, bekas jerawat terjadi ketika dalam proses penyembuhan luka pasca-jerawat kolagen di wajah tidak maksimal, kemungkinan besar bopeng di wajah bisa terjadi.

"Semakin banyak kolagen dalam tubuh, khususnya pada wajah, maka proses pemulihan jerawat atau bekasnya bisa semakin cepat dan maksimal. Itu kenapa, kalau orang jerawatan tapi kolagennya banyak, dia tetap bisa mulus lagi pasca-penyembuhan," jelas dr Sammy.

Dia menuturkan, semakin dini pengobatan diberikan, semakin cepat proses perbaikan struktur wajah. Bahkan, manfaat lain yang bisa dirasakan ialah dapat mencegah timbulnya jaringan parut atau bekas jerawat yang sangat bandel.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini