Asal Usul Gigi Gingsul, Ternyata Bukan Penyakit Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 April 2021 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 611 2389880 asal-usul-gigi-gingsul-ternyata-bukan-penyakit-loh-gRi5EtNRPu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PUNYA gigi gingsul? Gigi gingsul memang tidak berbahaya, tapi ada orang yang merasa risih dengan gigi gingsul tersebut. Lantas, bagaimana sih gigi gingsul bisa terjadi?

Dokter spesialis gigi, drg. Diono Susilo, MPH, mengatakan gigi gingsul terjadi karena faktor keturunan. Kondisi ini adalah kondisi genetika bawaan dari kedua orang tua.

Gigi gingsul, lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki orangtua dengan ukuran tubuh tidak seimbang. Misal ayahnya bertubuh besar sedangkan ibunya bertubuh kecil, atau sebaliknya.

"Bisa dibayangkan ketika anaknya lahir ia memiliki rahang ibunya yang (ukuran) kecil. Tapi gigi yang tumbuh mengikuti gen dari ayahnya yang ukurannya besar-besar.

Gigi

"Hal itu membuat tidak semua gigi mendapatkan tempat yang pas untuk tumbuh," jelas dia.

Dokter Diono pun menyebut, bagi sebagian orang gigi gingsul dianggap memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi, bagi kaum hawa untuk menambah pesona mereka.

"Gigi gingsul dianggap bikin cantik. Tapi kalau sampai mengganggu pengunyahan, baru harus dilakukan tindakan," jelas drg. Diono.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini