Keramas Tidak Boleh Asal-asalan, Wajib Perhatikan 3 Hal Ini

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 612 2389604 keramas-tidak-boleh-asal-asalan-wajib-perhatikan-3-hal-ini-0pDYJAKu7J.jpg Ilustrasi keramas. (Foto: Wirestock/Freepik)

RAMBUT baru dicuci atau keramas tetapi masih kusam dan lepek. Mengapa hal ini terjadi? Jawabannya karena mencuci rambut tidak dengan cara yang tepat.

Ada banyak faktor yang bisa mengubah keseimbangan rambut dari tidak bernyawa menjadi glossy. Jangan menyalahkan sampo. Ini tentunya harus memilih sampo yang sesuai struktur dan kebutuhan rambut. Sebab rambut dengan masalah ujung bercabang, kering, berketombe, dan lain-lain memerlukan sampo berbeda.

Tetapi jika menginginkan rambut yang bagus setelah setiap keramas, Anda harus menerapkan langkah yang sesuai. Berikut tiga hal yang perlu diingat ketika keramas supaya menghasilkan rambut indah dan sehat, sebagaimana dikutip dari laman Schwarzkopf, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan saat Keramas, Hentikan Sekarang Juga 

1. Sisir sebelum keramas

Sebelum mencuci rambut, sisirlah untuk menghilangkan kusut. Jika tidak, rambut akan bertambah buruk. Ketika rambut basah, ambil sampo seukuran kemiri dan buat busa di tangan, lalu baru gunakan ke rambut.

Jika busa tidak cukup baik, perlu melakukannya untuk kedua kalinya. Pijat rambut secara menyeluruh dengan perhatian khusus pada akar, garis rambut, dan pelipis. Anda akan tahu jika rambut bersih karena akan berdecit.

Keramas. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Jangan berlebihan keramas

Jangan keramas setiap hari. Rambut lurus perlu keramas sekira tiga kali seminggu. Rambut keriting dan tebal cukup sampo dua kali seminggu. Jika bisa menekan frekuensinya, rambut dan kulit kepala tidak akan kering.

Selain struktur rambut, jenis rambut yang dimiliki merupakan faktor penting. Makin berminyak, makin perlu sering dicuci. Lalu jika menggunakan gel atau wax, rambut akan menjadi lebih cepat kusut sehingga harus lebih sering keramas.

Baca juga: Beautypedia, Ketahui Cara Kerja dan Kandungan Sampo 

3. Kondisi air

Kondisi air juga bisa memengaruhi rambut dan kulit kepala. Kalsium dan magnesium di dalam air dapat menembus rambut, membuatnya kaku dan kasar saat disentuh. Menggunakan kondisioner atau pengawet tanpa bilas adalah langkah yang baik, terutama untuk rambut lurus, karena lebih mudah disisir.

Air yang lembut membuat rambut lebih elastis dan kusut. Jadi perlu menggunakan krim penata rambut untuk memberikan struktur dan bentuk yang lebih banyak.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini