Mengapa Wajah Suami Istri Makin Mirip dari Hari ke Hari?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 April 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 612 2389684 mengapa-wajah-suami-istri-makin-mirip-dari-hari-ke-hari-fKBUERC09o.jpg Suami istri yang suka meniru mimik wajah (Foto: Inst Hailey)

Dulu terdapat mitos yang menyebut kalau jodoh itu wajahnya mirip. Rupanya hal tersebut ada alasan logisnya. Karena beberapa orang pun mengalami kemiripan wajah semakin lama mereka hidup bersama.

Menurut buku The Definitive Book of Body Language karya Allan & Barbara Pease, ketika suami istri hidup bersama dalam waktu yang lama serta memiliki hubungan yang baik dan saling mencintai, biasanya mereka akan tampak mirip satu sama lain.

 pasangan menikah yang makin mirip

Padahal, bisa jadi sewaktu menikah wajah mereka tidak mirip sama sekali. Lantas mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal ini terjadi karena keduanya terus menerus saling meniru mimik wajah, yang dengan berjalannya waktu membangun otot di area yang sama pada wajah.

Bahkan pasangan yang wajahnya sama sekali tidak mirip bisa tampak mirip di foto karena mereka menampilkan senyum yang sama. Saat pasangan berada pada tahap dini kencan, kita sering melihat mereka saling meniru gerak tubuh satu sama lain.

Misalnya, saat si perempuan sedang mengalami gejala PMS, maka mendadak si pria juga ngidam cokelat. Saat seseorang merasa cocok satu sama lain atau merasakan getaran yang sama, tanpa sadar ia mengacu pada perilaku peniruan dan penyelarasan.

Pentingnya peniruan mimik wajah juga berkaitan dengan cara kita memberi persetujuan atau reaksi positif terhadap perilaku pasangan. Meniru bahasa tubuh pun merupakan cara untuk memberitahu orang lain bahwa kita menyukai mereka.

Jadi, selain berkomunikasi secara verbal, bahasa tubuh juga memainkan peran penting dalam kelanggengan hubungan. Misalnya, walaupun Anda menyetujui pasangan, namun jika wajah Anda cemberut, maka pasangan pun akan mengetahui hal tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini