Viral Penipuan di Vaksin Drive Thru, Ternyata Begini Kejadiannya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 05 April 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 612 2389685 viral-penipuan-di-vaksin-drive-thrue-ternyata-begini-kejadiannya-KJMlI8iYVp.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

MEDIA sosial memang menjadi tempat untuk berbagi keseruan dengan teman-teman tanpa perlu bertemu. Tapi, terkadang media sosial disalahgunakan untuk menyebarkan kabar tidak benar atau hoax.

Nah, baru-baru ini kembali beredar video di media sosial Facebook terkait dengan pemberian vaksin drive thru. Padahal, video tersebut merupakan video meme yang banyak beredar.

Hoax Vaksin

“Coba lihat yg vaksin di Drive thrue banyak yg yg dibohongin masa cuma jarum aja yg disuntik dia ngak tekan obat suntik ya banyak yg ketipu …..

 

Begini SDM kita…”

Melansir Covid19.go.id, adapun lokasi peristiwa adalah di Brazil, berdasarkan bahasa yang digunakan dan situs yang sebelumnya pada bulan Februari lalu membagikan video yang identik.

“Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah,” tulis pernyataan di situs tersebut. Sumber membagikan video peristiwa di Brasil menghubungkan dengan Indonesia sehingga menimbulkan kesimpulan salah.

Selain di Facebook, video yang hampir serupa juga beredar juga di WhatsApp dengan video yang berbeda dengan narasi:

Hoax Vaksin

“Tuh kan cuma ditusukkan,tidak dimasukkan vaksin nya memang nakal ini orang😡

Harus di hukum berat menurut undang2″.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini