Pentingnya Edukasi soal Kebaya demi Lestarikan Budaya Berkebaya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 194 2390129 pentingnya-edukasi-soal-kebaya-demi-lestarikan-budaya-berkebaya-iczB18zoiC.jpg Melestarikan kebaya (Foto: Inst Anne Avantie)

Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 berlangsung dengan lancar. Banyak perempuan Indonesia yang terus mencintai kebaya sebagai warisan budaya bangsa.

Ketua Panitia Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 Lana T Koentjoro mengatakan, pihaknya bersyukur atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa, akhirnya 2 hari pelaksanaan Kongres Berkebaya Nasional 2021 bisa dilaksanakan dengan beragam acara.

"Berbagai diskusi soal kebaya ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa memberikan masukan kepada pemerintah agar bisa mendapatkan Hari Berkebaya Nasional. Dan selanjutnya dapat pula menyusun langkah-langkah selanjutnya untuk bisa menjadi acuan tindak lanjut menjadikan kebaya sebagai salah satu heritage Indonesia dan menjadi tambahan khazanah kekayaan Indonesia ke UNESCO," ujar Lana, Selasa, (6/4/2021).

Pemerintah, terang Lana, perlu menjadi contoh dalam melestarikan kebaya misalnya dengan menyelenggarakan kajian-kajian tentang kebaya. Selain itu pemerintah juga perlu mendorong pelaku usaha dan pelaku seni kreatif dalam mengembangkan kebaya.

 Anne Avantie

"Perlu ada edukasi dan penyuluhan untuk pemberdayaan dan pengembangan UKM dalam bidang fashion, termasuk kebaya di dalamnya melalui wokshop dan balai latihan kerja offline maupun online," ujar Lana.

Pemerintah, lanjut Lana, juga perlu membuat program event, agenda dan tema tahunan serta kewajiban berkebaya bukan hanya di kalangan PNS. Namun juga semua elemen masyarakat. "Melakukan kerja sama dengan semua pihak serta terus memacu dan mengikuti prosedur untuk mengajukan kebaya sebagai salah satu kekayaan khasanah atau tak benda Indonesia," katanya.

Sementara itu, penerima Award Anugerah Kebaya Indonesia dalam Kongres Berkebaya Nasional, perancang busana ternama Anne Avantie mengatakan, ia bangga dengan kebaya sebagai warisan budaya bangsa.

"Bagi saya kebaya bukan hanya sepotong baju saja. Dengan kebaya hidup saya berubah, bahkan hidup banyak orang. Kebaya menjadi inspirasi karya dan cinta bagi perempuan Indonesia," ujar Anne.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini