Deretan Makanan yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Divaksin Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 298 2390216 deretan-makanan-yang-direkomendasikan-untuk-dikonsumsi-sebelum-dan-sesudah-divaksin-covid-19-SVwIJ2hT16.jpg Sup ayam (Foto: Pakistani Chiefs)

Seiring dengan program vaksinasi nasional masih terus berjalan, sebagian kalangan masyarakat Indonesia sudah menerima vaksin Covid-19.

Bagi yang masih menunggu giliran, sebaiknya mempersiapkan kesehatan tubuh secara optimal. Salah satunya agar efek samping yang kemungkinan timbul beberapa jam pasca divaksin bisa setidaknya sedikit berkurang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), efek samping vaksin Covid-19 sendiri mulai dari rasa nyeri, kemerahan, bengkak di titik injeksi, demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot atau pegal-pegal, hingga mual.

Jangan cemas, efek samping ini dikatakan sebetulnya adalah pertanda baik karena artinya tubuh tengah membangun imunitas dan akan hilang alias sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Sebagai persiapan vaksinasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek sampingnya. Salah satu contohnya dengan memperhatikan makanan apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Mengutip Huffingtonpost, Selasa (6/4/2021) berikut daftar rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin Covid-19, sebagaimana disarankan oleh Dr. Ronald Hoffman, dokter intergratif di New York.

 teh jahe

1. Minum teh jahe

Minuman kombinasi teh dan rempah jahe ini berfungsi untuk meringankan efek mual. Jahe sudah terkenal dengan reputasinya sebagai obat tradisional yang sangat baik dan aman untuk mengatasi masalah pencernaan.

2. Cairan sehat untuk hidrasi

Usahakan sebisa mungkin tubuh jangan sampai dehidrasi atau kekurangan cairan. Minumlah air mineral, sparkling water, teh, agar tubuh tetap terhidrasi. Demam yang disebabkan pasca vaksinasi, biasanya dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Diet style Mediterania

Beberapa pekan sebelum Anda divaksin, disarankan untuk mulai makan makanan yang sangat sehat, contohnya diet gaya Mediterania yang diketahui memiliki efek antiinflamasi. Diet ini fokus pada konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, Omega-3 yang sehat dan lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun), daging ikan, daging unggas, kacang-kacangan dan telur. Batasi konsumsi daging merah dan produk olahan susu.

"Memprakondisikan tubuh Anda selama beberapa minggu sebelumnya lebih masuk akal daripada hanya melakukan penyesuaian setelah disuntik vaksin,” ujar Dr. Ronald.

4. Diet indek glikemik rendah

Untuk diet satu ini, direkomendasikan dilakukan selama beberapa hari setelah divaksinasi. Diet indeks glikemik rendah akan menjaga gula darah tetap stabil. Penelitian menunjukkan bahwa kadar glukosa yang lebih rendah cenderung bersifat anti-inflamasi.

Secara umum, kita bisa makan makanan yang bisa menjaga gula darah dan sehat, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan roti multigrain, buah-buahan seperti beri dan apel, dan sumber protein tanpa lemak yang sehat seperti telur dan kacang-kacangan.

5. Sup ayam

Makanan favorit banyak orang satu ini juga masuk jadi rekomendasi loh! Makanan berkuah kaldu dengan banyak sayuran yang dimasak dengan pengolahan yang baik, mudah dicerna dan bergizi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini