Ini 6 Makanan Sehat yang Tinggi Kandungan Vitamin D

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 298 2390508 ini-6-makanan-sehat-yang-tinggi-kandungan-vitamin-d-saWWc9Lwuf.jpg Ilustrasi vitamin D. (Foto: Shutterstock)

VITAMIN D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari. Namun, diketahui sekira 50 persen populasi warga dunia kekurangan vitamin D dari sinar matahari. Ini karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan barat yang rendah sumber vitamin D.

Dikutip dari laman Healthline, nilai harian (daily value/DV) yang direkomendasikan adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan sehat. Jika tidak mendapat cukup sinar matahari, asupan sebaiknya mendekati 1.000 IU (25 mcg) per hari.

Nah, berikut ini enam makanan sehat yang tinggi kandungan vitamin D, sangat baik untuk tubuh.

Baca juga: Hindari Kekurangan Vitamin D, Yuk Kenali Tanda-tandanya 

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi salmon Atlantik seberat 3,5 ons (100 gram) yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D atau 66 persen dari DV.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

2. Ikan haring dan sarden

Haring adalah ikan yang dimakan di seluruh dunia. Bisa disajikan mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan. Ikan kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D. Ikan haring Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi 3,5 ons (100 gram) yang merupakan 27 persen dari DV. Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu kaleng (3,8 ons) mengandung 177 IU atau 22 persen dari DV.

Baca juga: Cemas, Coba Konsumsi Berbagai Vitamin Berikut Ini 

3. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer. Jika Anda tidak suka ikan, mengonsumsi minyak ikan cod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain. Ini adalah sumber vitamin D yang sangat baik. Sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml) minyak hati ikan cod mencatat 56 persen DV yang sangat besar.

4. Tuna kalengan

Tuna kalengan mengandung hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram). Ini merupakan 34 persen dari DV.

Baca juga: Dapatkah Vitamin dan Mineral Lindungi Anda dari Covid-19? 

Telur. (Foto: Freepik)

5. Kuning telur

Satu kuning telur biasanya mengandung 37 IU vitamin D atau 5 persen dari DV. Kadar vitamin D pada kuning telur bergantung paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam. Ketika diberi pakan yang sama, ayam yang dipelihara di padang rumput yang berkeliaran di luar ruangan di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar tiga hingga empat kali lebih tinggi.

6. Jamur

Jamur adalah satu-satunya tumbuhan sumber vitamin D. Jamur dapat menyintesis vitamin D saat terkena sinar UV. Namun jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini