Bangga! Indonesia Peringkat Ke-8 di Dunia Laju Vaksinasi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390026 bangga-indonesia-peringkat-ke-8-di-dunia-laju-vaksinasi-covid-19-hPSYo0Uwhl.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Capaian penerima vaksinasi Covid-19 Indonesia sudah di angka 12,7 juta orang. Data tersebut membuat Indonesia berada di posisi 8 tertinggi di dunia dalam laju vaksinasi tercepat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik kabar ini. "Saat ini, per minggunya ada 2,5 juta orang divaksin Covid-19. Ini membuat Indonesia ada di posisi 8 dunia," katanya dalam keterangan pers virtual, belum lama ini.

Bahkan, jika mengacu pada data negara yang tidak memproduksi vaksin sendiri, Indonesia berada di posisi nomor 4 dunia. Ini membuktikan bahwa penyaluran vaksinasi di Indonesia memperlihatkan nilai positif, meski harus terus ditingkatkan cakupan mingguannya.

Vaksin Covid-19

Menkes Budi pun menilai bahwa data ini dapat menjawab sikap atau pandangan skeptis Internasional terhadap Indonesia.

Baca Juga : Google Doodle Hari Ini Ingatkan Bermasker Ganda dan Jaga Jarak Cegah Covid-19

Baca Juga : Adu Gaya 7 Artis Cantik di Pernikahan Aurel, Siapa Paling Anggun Pakai Busana Hitam?

Di sisi lain, kasus harian Indonesia memperlihatkan angka yang cenderung menurun beberapa bulan terakhir. Salah satu faktor penentunya adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat angka kasus di rumah sakit menurun, yang pada akhirnya kasus kematian pun menurun.

"Jadi, program vaksinasi harus terus berjalan selagi masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan. Kabar baik ini harus terus dijaga. Jangan sampai ada libur panjang yang terbukti secara empiris meningkatkan 30-50 persen kasus baru," ungkap Menkes Budi.

"Bahkan, ada yang sampai 100 persen kenaikan kasusnya. Itu kita harus hindari sehingga rakyat tidak merasa letih. Kalau kemudian kasusnya naik lagi, maka kita harus mengerem kegiatan. Lebih baik perlahan membuka dan kita tetap disiplin menerapkan prokes yang terbukti bisa menjaga laju penularan Covid-19," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini