Begini Cara Membedakan Alergi dengan Gejala Covid-19 atau Efek Pasca Vaksin

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390090 begini-cara-membedakan-alergi-dengan-gejala-covid-19-atau-efek-pasca-vaksin-CXZF6Iudz6.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: Johns Hopkins Medicine)

Di tengah pandemi Covid-19, cuaca di sebagian kota-kota di Indonesia bisa dibilang tengah memasuki musim cuaca ekstrim. Siang hari yang begitu panas terik namun tiba-tiba bisa badai dan hujan lebat di sore atau malam hari.

Kondisi ini banyak membuat dari kita jadi mudah terserah flu atau kambuhnya alergi. Di satu sisi lain, seiring dengan berjalannya program vaksinasi nasional, semakin banyak masyarakat Indonesia yang sudah divaksin.

demam

Seperti disebut Dr. Fred Davis dari Northwell Health Long Island Jewish, New York, hal ini membuat situasi menjadi rumit saat mengalami kondisi kesehatan tertentu, kita jadi bingung apakah itu alergi kambuhan, flu musiman, gejala Covid-19 ataukah efek vaksin.

“Sulit untuk membedakan alergi dari infeksi Covid-19, terutama ketika keduanya dapat menyebar pada waktu yang sama dalam satu tahun,” kata Dr. Fred Davis.

Tapi jangan cemas dulu, meskipun sulit ada beberapa perbedaan di antaranya yang bisa menjadi kunci untuk membedakannya. Merangkum Fox News, Selasa (6/4/2021) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Gatal

Membedakan infeksi virus dengan alergi, dijelaskan oleh chief medical officer Dr. John Whyte, rasa gatal bisa jadi penanda. Jika alergi kambuhan, maka biasanya tidak disertai dengan demam.

“Saya selalu bertanya tentang gatal dan demam yang merupakan pembeda besar. Alergi biasanya tidak menyebabkan demam tetapi membuat Anda merasa gatal,” kata Dr. John Whyte.

2. Rasa lelah

Infeksi virus biasanya membuat kita mengigil kedinginan atau demam dan membuat tubuh jadi terasa sangat lelah. Beda dengan alergi, yang tidak menyebabkan tubuh jadi lelah.

Alergi pun dikatakan dokter John tidak membuat sesak napas atau diare, seperti infeksi Covid-19.

3. Pasca vaksin

Efek samping yang ditimbulkan usai vaksin biasanya adalah nyeri di lengan, merasa lelah dan terkadang sakit kepala. Biasanya dialami seseorang setelah disuntik vaksin, di periode 4 jam atau lebih usai vaksinasi dan akan sembuh dalam waktu 24 sampai 36 jam.

Sementara alergi dan gejala yang terkait dengan infeksi Covid-19 dikatakan Dr.John tidak sembuh secepat itu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini