Jabodetabek Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem, Persiapkan Tas Siaga Bencana sejak Dini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390107 jabodetabek-diprediksi-dilanda-cuaca-ekstrem-persiapkan-tas-siaga-bencana-sejak-dini-SdAmTtzZKK.jpg Tas siaga bencana (Foto : AARP)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung setidaknya hingga Mei 2021. BMKG memprediksi terdapat potensi cuaca esktrem di sebagian wilayah Indonesia.

Dalam sepekan ke depan, potensi hujan sedang hingga lembat diperkirakan bakal terjadi di wilayah Jabodetabek. Oleh sebab itu kesiapsiagaan sangat diperlukan, sebab kondisi ini terjadi bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang menyerang Tanah Air.

Cuaca Ekstrem

Merangkum dari lama Instagram resmi Pemprov DKI, @dkijakarta, Selasa (6/4/2021), masyarakat yang memiliki kendala dan kesulitan bisa menghubungi ekstensi 112 jika terjadi keadaan darurat.

Baca Juga : Suplai Vaksin Covid-19 Terbatas, Menkes Budi: Lansia Jadi Prioritas!

Selain itu ada beberapa hal pula yang perlu disiapkan dalam menghadapi cuaca ekstrim ini. Salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana yang berisi aneka perlengkapan utama, dan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Beberapa perlengkapan yang harus disediakan di antaranya:

Tas Siaga Bencana

1. Obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K

2. Dokumen dan surat berharga (dibungkus plastik)

3. Pakaian untuk tiga hari dan perlengkapan ibadah

4. Powerbank dan baterai cadangan

5. Masker dan hand sanitizer

6. Senter

7. Kantung plastik

8. Sarung dan selimut

9. Foto keluarga

10. Air mineral

11. Peluit

12. Uang tunai

13. Makanan ringan tahan lama

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini