Jadi Prioritas Menkes Budi, Ini 3 Kriteria Lansia Layak Divaksin Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390144 jadi-prioritas-menkes-budi-ini-3-kriteria-lansia-layak-divaksin-covid-19-lN6yMSNVbH.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Menteri Kesehatan-Menkes Budi Gunadi Sadikin memprioritaskan lansia atau mereka yang berusia di atas 60 tahun pada program vaksinasi Covid-19. Hal ini karena stok vaksin yang terbatas akibat embargo di beberapa negara produsen vaksin.

Ya, negara-negara penghasil vaksin Covid-19 saat ini sedang berjuang melawan lonjakan ketika kasus aktif Covid-19. Negara-negara itu antara lain negara di Eropa, di Amerika Serikat seperti Brasil, pun negara di Asia seperti India, Filipina, atau Papua Nugini.

Dengan kata lain, negara-negara tersebut menjamin vaksin Covid-19 untuk rakyatnya masing-masing terlebih dulu sehingga dampaknya negara yang biasanya mendapat jatah ekspor, kini harus dikurangi jumlah suplainya.

Lansia

"Harusnya pada Maret dan April Indonesia menerima 30 juta dosis dengan masing-masing per bulan 15 juta dosis, tapi karena kondisi tersebut, Indonesia hanya menerima 20 juta dosis vaksin," kata Menkes Budi dalam keterangan resminya secara virtual, belum lama ini.

Baca Juga : Suplai Vaksin Covid-19 Terbatas, Menkes Budi: Lansia Jadi Prioritas!

Lansia menjadi target utama Menkes Budi karena kasus pada kelompok tersebut cukup mengkahwatirkan. Lansia juga tergolong dalam kelompok risiko tinggi.

Hal tersebut dilihat dari 1,5 juta kasus Covid-19 di Indonesia, memang 10 persennya adalah lansia, tapi ketika melihat angka kematian, 50 persennya adalah lansia. Begitu juga data pasien meninggal di rumah sakit, angka kelompok lansia tiga kali lipat dibanding non lansia.

Terlepas dari itu, kita sebagai masyarakat juga mesti tahu bahwa tidak semua lansia layak menerima vaksin meski mereka diprioritaskan.

Diterangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda, ada kriteria khusus lansia layak menerima vaksin Covid-19. Apa saja?

Lansia

1. Lansia dalam keadaan sehat.

2. Jika ada penyakit penyerta (komorbid):

- Penyakit terkontrol dengan baik

- Hipertensi dengan tensi kurang dari 180/110 mmHg

- Diabetes dalam kondisi terkendali atau tidak dalam komplikasi akut.

- Lansia dengan tuberkulosis minimal 2 (dua) minggu pengobatan rutin.

- Ada rekomendasi dokter yang merawat untuk penderita kanker darah, kanker tumor padat, kelainan darah, serta talasemia, imunohematologi, hemofilia, dan gangguan koagulasi

- Sesuai hasil skrining atau pengecekan kesehatan

3. Hasil skrining kerentanan di bawah 3 (tiga).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini