Gelar Uji Klinis Vaksin Covid-19, Novavax Masuki Tahap Pemberian Plasebo

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390151 gelar-uji-klinis-vaksin-covid-19-novavax-masuki-tahap-pemberian-plasebo-W4frLGRI3O.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Wirestock/Freepik)

PERUSAHAAN pembuat vaksin asal Amerika Serikat, Novavax, masih terus menggelar uji klinis vaksin covid-19 buatannya. Uji klinis Vaksin Novavax saat ini sudah memasuki tahapan pemberian plasebo kepada para peserta.

Mengutip dari laman Reuters, Selasa (6/4/2021), hal ini disampaikan pihak Novavax Inc pada Senin 5 April kemarin. Mereka menyatakan para peserta uji klinis yang digelar di Afrika Selatan dan Inggris sekarang bisa menerima suntikan tambahan, memastikan para peserta penerima plasebo juga bisa mendapatkan vaksin covid-19 aktif.

Baca juga: Vaksin Novavax Diklaim 60% Efektif Atasi Covid-19 Varian Afrika Selatan 

Perusahaan yang berkantor pusat di Maryland tersebut menyatakan berencana mengalihkan peserta dalam studi besar tahap akhir yang sedang berlangsung di Amerika Serikat dan Meksiko. Mereka berencana untuk membaca data klinis awal selama kuartal kedua.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Okezone)

Jika nantinya vaksin covid-19 produksi Novavax bisa disetujui penggunaan daruratnya di Amerika Serikat, vaksin dua dosis ini akan membantu meningkatkan upaya vaksinasi yang sedang berlangsung di Amerika, yang sejauh ini menggunakan vaksin dari Pfizer-BioNTech, Moderna Inc, serta Johnson and Johnson.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Novavax 89% Efektif Atasi Covid-19 Jenis Baru di Inggris 

Novavax Inc mengungkapkan, sebagai bagian dari desain uji klinis yang diperbarui, para peserta ditawarkan kesempatan untuk menerima suntikan tambahan. Para peserta yang mau, bakal menerima dua dosis tambahan, baik itu vaksin untuk kelompok orang yang awalnya menerima placebo atau plasebo untuk orang-orang yang pertama kali mendapat vaksin.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini