5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390202 5-khasiat-minyak-kelapa-untuk-kesehatan-tubuh-khususnya-jantung-uhkQ0ZnFdh.jpg Minyak kelapa. (Foto: Freepik)

MINYAK kelapa menjadi salah satu bahan yang cukup banyak digunakan untuk berbagai hal. Di antaranya adalah campuran makanan, perawatan kecantikan, hingga pengobatan atau kesehatan.

Khusus untuk kesehatan, minyak kelapa ada banyak khasiatnya. Bisa membantu membakar lemak di tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Lantas, apa lagi manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh? Berikut daftarnya, seperti dinukil dari laman Healthline, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi 8 Minyak Alami Ini 

1. Mengandung asam lemak sehat

Minyak kelapa tinggi lemak jenuh. Lemak ini memiliki efek berbeda pada tubuh dibandingkan kebanyakan jenis lemak makanan lainnya.

Asam lemak di minyak kelapa bisa mendorong tubuh membakar lemak dan memberikan energi cepat ke tubuh serta otak. Selain itu, meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kelapa merupakan makanan atau jenis buah yang tidak biasa di dunia Barat. Orang-orang yang sadar kesehatan menjadikan buah ini sebagai asupan utama.

Berdasarkan penelitian, minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung manusia. Pasalnya, kandungan asam lemak di dalamnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 5 Minyak yang Bagus untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja Ya? 

3. Bisa mendorong pembakaran lemak

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar yang terjadi di dunia saat ini. Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanyalah masalah berapa banyak kalori yang dimakan.

Tahukah Anda, mengonsumsi minyak kelapa dalam kadar tertentu dapat membantu membakar lemak. Tapi perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Dapat mengurangi rasa lapar

Selanjutnya minyak kelapa dapat mengurangi rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan cara tubuh mengontrol memetabolisme lemak di dalam tubuh.

Baca juga: Turunkan Berat Badan, Pakai 5 Minyak Sehat Ini untuk Masak 

5. Meningkatkan kolesterol HDL (baik)

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh alami yang meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh. Kemudian bisa membantu mengubah kolesterol LDL (jahat) menjadi bentuk yang tidak terlalu berbahaya.

Dengan meningkatkan HDL, banyak ahli percaya bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan banyak lemak lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini