5 Khasiat Madu untuk Kulit, Melembapkan hingga Hilangkan Jerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390256 5-khasiat-madu-untuk-kulit-melembapkan-hingga-hilangkan-jerawat-KtRyu87V7d.jpg Ilustrasi madu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

MADU seringkali disertakan dalam banyak pengobatan rumahan, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan kulit. Ini karena manfaat madu untuk kulit adalah sesuatu yang dapat diandalkan. Madu bisa mengobati beberapa masalah kulit umum yang ringan.

Madu memiliki banyak khasiat yang membawa kulit ke kondisi terbaik. Bahkan untuk pengobatan rumahan, madu sebagai ramuan dapat memberikan hasil yang bagus dalam merawat berbagai kondisi kulit.

Lalu apa saja khasiat madu untuk kesehatan kulit? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman Feminaindia, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Benarkah Madu Tidak Akan Basi? 

1. Membantu mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini berperan penting dalam menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, oleh karena itu bisa mencegah penyebab munculnya jerawat seperti jerawat dan komedo.

Madu organik mengandung bakteri sehat yang membantu mengatasi kemerahan dan peradangan yang terkait jerawat. Eksim dan psoriasis adalah kondisi kulit yang mirip dengan jerawat, cirinya kulit meradang dan kemerahan. Madu juga dapat membantu menenangkan kondisi seperti itu, meskipun uji harus dilakukan sebelumnya.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Membuat kulit bercahaya

Madu memiliki sifat mencerahkan kulit dan memberikan kilau lembap yang sehat pada wajah setelah penggunaannya. Madu baik untuk merawat kulit kering, lalu juga bekerja sangat baik untuk merawat jenis kulit berminyak, rawan jerawat, dan kombinasi.

Madu memiliki sifat pelembap yang membuat kulit terasa terhidrasi dan tidak lengket. Dikarenakan harus menggunakan madu dan membilasnya setelah beberapa menit, rasa lengket dari madu akan hilang, lalu yang tersisa hanyalah kulit yang terhidrasi, bersinar, dan seimbang.

Baca juga: Komedo Buat Hidung Gatal? Atasi Pakai 5 Bahan Alami 

3. Memudarkan bekas luka

Madu memiliki sifat antiseptik alami yang membantu penyembuhan luka dan memudarkan bekas luka. Oleh karena itu, madu tidak hanya bagus untuk menjaga kulit tetap lembut dan lembap, tetapi juga membantu membuat bekas luka terlihat kurang menonjol dengan membuatnya menjadi cerah dan perlahan menghilang.

Madu bisa membantu bekas luka wajah lebih cepat karena pertama kali bekerja untuk mengurangi peradangan dan kemudian membantu menyembuhkan kulit lebih cepat yang pada gilirannya memungkinkan bekas luka memudar pada saat bersamaan. Madu baik untuk memudarkan bekas jerawat dan untuk mengobati luka bakar.

4. Menyeimbangkan kulit

Buat campuran madu, kunyit, dan dadih untuk wajah yang benar-benar terhidrasi dan seimbang dengan paket wajah yang luar biasa ini. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam mangkuk, 2 sendok teh dadih, dan sejumput kunyit. Campur semua bahan ini menjadi satu dan oleskan ke wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas.

Baca juga: Jangan Berhenti Konsumsi Madu, Kenali Khasiatnya untuk Tubuh 

5. Menghidrasi kulit

Madu memiliki sifat pelembap alami dan merupakan bahan yang bagus untuk ditambahkan dalam perawatan kulit. Setelah dioleskan ke kulit, madu membantu melembutkan lapisan atas kulit serta menembus kulit secara dalam untuk menghidrasi ke lapisan kulit di bawahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini