7 Penyakit yang Berbahaya bagi Penderita Covid-19

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390320 7-penyakit-yang-berbahaya-bagi-penderita-covid-19-VKu37f2O6V.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Today Show)

Kondisi kesehatan lain, seperti penyakit jantung atau paru-paru, dapat meningkatkan risiko jika Anda terinfeksi Covid-19.

Gejala penyakit Covid-19 dapat sangat bervariasi. Beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali, sementara yang lain menjadi sangat sakit sehingga mereka pada akhirnya membutuhkan bantuan mekanis pernapasan.

Dikutip dari mayoclinic.org, risiko bahaya Covid-19 dapat meningkat pada orang memiliki masalah kesehatan serius seperti:

 asma

1. Asma

Covid-19 menyerang paru-paru. Anda cenderung mendapat gejala yang lebih parah jika Anda sudah memiliki masalah paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, fibrosis kistik, fibrosis paru dan asma.

2. Penyakit jantung

Banyak jenis penyakit jantung yang dapat membuat anda lebih mungkin mengembangkan gejala Covid-19 yang parah. Ini termasuk: kardiomiopati, hipertensi paru, penyakit jantung bawaan, gagal jantung dan penyakit arteri koroner.

3. Diabetes dan obesitas

Diabetes tipe 1 atau tipe 2 dapat meningkatkan risiko gejala Covid-19 yang serius. Kelebihan berat badan, obesitas, atau obesitas parah juga meningkatkan risiko ini.

4. Kanker dan kelainan darah tertentu

Orang yang saat ini menderita kanker berisiko lebih tinggi terkena penyakit yang lebih parah dari Covid-19. Risiko ini dapat bervariasi, tergantung pada jenis kanker dan jenis perawatan.

 

5. Anemia sel sabit

Anemia sel sabit adalah kondisi lain yang meningkatkan risiko gejala Covid-19 yang parah. Kelainan bawaan ini menyebabkan sel darah merah anda menjadi keras, lengket, dan berbentuk seperti huruf "C". Sel darah merah yang berubah bentuk ini mati lebih awal, sehingga oksigen tidak dapat diangkut ke seluruh tubuh Anda juga. Ini juga menyebabkan penyumbatan yang menyakitkan di pembuluh darah kecil.

Kelainan darah bawaan lainnya, yang disebut talasemia, mungkin juga membuat Anda lebih mungkin mengalami gejala Covid-19 yang serius.

6. Penyakit ginjal atau hati kronis

Penyakit ginjal atau hati kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat meningkatkan risiko anda menjadi sakit lebih parah dengan Covid-19.

7. Sindrom down

Orang dengan sindrom down lebih mungkin menderita infeksi paru-paru secara umum. Mereka juga berisiko lebih tinggi memiliki banyak masalah kesehatan yang terkait dengan gejala Covid-19 yang lebih parah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini