Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Kulit hingga Jantung

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390340 mengenal-minyak-argan-sangat-bermanfaat-untuk-kulit-hingga-jantung-N86iScVWFm.jpg Ilustrasi minyak argan. (Foto: Freepik)

MINYAK nabati memiliki sejarah panjang terkait manfaatnya dalam produk kuliner, kosmetik, dan farmasi. Di antara banyaknya minyak nabati adalah minyak argan yang diekstrak dari pohon argan atau Argania Spinosa L. Minyak argan memiliki khasiat terapeutik yang luar biasa dengan nilai botani, bioekologi, dan sosial yang tinggi.

Argan sendiri adalah pohon endemik di Maroko (Afrika Utara) dan telah digunakan selama berabad-abad di negara itu sebagai bahan kosmetik. Tapi, manfaatnya tidak hanya terbatas pada kulit. Minyak argan juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan yang berhubungan dengan jantung, hati, dan perut.

Sebagaimana dilansir dari laman Boldsky, Selasa (6/4/2021), berikut ini deretan manfaat minyak argan untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung 

1. Melindungi jantung

Minyak argan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi minyak argan secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Ini membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular serius lainnya yang disebabkan kolesterol.

Ilustrasi minyak argan. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Bagus untuk kulit

Minyak argan membantu meningkatkan hidrasi kulit, mencerahkan kulit, dan mengurangi kerutan bersamaan dengan stretch mark, flek hitam, serta jerawat. Ini membantu dalam pengobatan berbagai jenis infeksi kulit dan mencegah penuaan pada kulit. Kehadiran vitamin E dan sejumlah besar antioksidan membantu mengurangi segala jenis kerusakan yang disebabkan stres oksidatif pada kulit.

3. Membantu pencernaan

Di banyak negara, minyak argan digunakan sebagai minyak celup dan saus salad atau disiram di atas produk daging panggang. Saat dikonsumsi secara oral, senyawa organik dalam minyak argan dapat membantu meningkatkan tingkat pepsin di perut, dan dengan demikian meningkatkan cairan lambung yang mendorong proses pencernaan yang efisien.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi 8 Minyak Alami Ini 

4. Mencegah alzheimer

Penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer disebabkan stres oksidatif yang diinduksi 7KC yang cenderung menyebabkan peradangan dan kematian sel. Minyak makanan seperti minyak argan memiliki efek antioksidan dan sitoprotektif karena adanya asam oleat, asam linoleat, polifenol, dan tokoferol. Senyawa aktif ini mencegah hilangnya sel dan meningkatkan pertumbuhan beserta fungsinya sehingga mencegah kondisi tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini