Campuran Detergen dan Disinfektan Mampu Hilangkan Virus di Pakaian

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390496 campuran-detergen-dan-disinfektan-mampu-hilangkan-virus-di-pakaian-yQu19pnJzJ.jpg Ilustrasi mencuci pakaian. (Foto: Senivpetro/Freepik)

PANDEMI covid-19 telah mengubah paradigma masyarakat akan kebersihan serta kesehatan. Kehadiran virus corona tersebut mempertegas pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci pakaian.

Pemilihan detergen atau sabun cuci pakaian yang dicampur dengan disinfektan juga sangat penting untuk lebih menjaga kebersihan serta terhindar dari virus penyebab wabah penyakit.

Baca juga: 5 Makanan Ringan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19 

Pemerhati kesehatan Joanna Elizabeth Samuel mengatakan pakaian dan masker yang dipakai dapat diibaratkan sebagai kulit kedua yang memberikan perlindungan terhadap tubuh.

"Virus dan kuman berbahaya akan selalu berada di sekitar kita, maka dari itu momentum ini harus dapat menjadi titik balik bagi kita dalam menerapkan gaya hidup yang lebih memerhatikan kebersihan, tak terkecuali pakaian. Setelah beraktivitas di luar rumah jangan lupa mandi, mengganti dan mencuci pakaian," katanya saat konferensi pers virtual, Selasa 6 April 2021.

Ilustrasi mencuci pakaian.

Sementara itu dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Fitria Agustina SpKK menuturkan bahwa mencuci pakaian hanya dengan deterjen biasa belum cukup, tapi juga perhatikan tempat penyimpannya.

"Biasanya pakaian kotor diletakkan di satu tempat, virus-virus dan kuman juga bisa menempel di situ, apalagi tempat plastik, virus bisa bertahan lama," terangnya.

Baca juga: Persiapan Sekolah Tatap Muka, 6.000 Tenaga Didik di Bogor Divaksin 

Dilaporkan bahwa jalur utama penularan SARS-CoV-2 adalah kontak langsung yang dimediasi oleh droplet yang dikeluarkan saat berbicara, batuk, bersin, serta aerosol.

"Penularan secara sekunder terjadi melalui permukaan benda yang terkontaminasi (fomites)," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini