Dokter Ungkap Perlindungan Diri yang Mesti Dilakukan untuk Cegah Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 03:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 481 2390501 dokter-ungkap-perlindungan-diri-yang-mesti-dilakukan-untuk-cegah-covid-19-xoKPglvnks.jpg Ilustrasi perlindungan diri cegah covid-19. (foto: Okezone)

PRAKTISI kesehatan Dokter Fitria Agustina SpKK mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa penularan virus corona atau covid-19 melalui transmisi fomites (benda) dan droplets (percikan) kepada orang yang tanpa perlindungan diri masing-masing sebesar 6,9 dan 32 persen. Kemudian hasil tersebut turun sekira 2,8 dan 30 persen jika menggunakan pelindung diri.

"Dengan dimulainya aktivitas di luar, termasuk aktivitas anak-anak nantinya untuk kembali sekolah, maka protokol kesehatan harus selalu diingat dan dijalankan setiap saat," terangnya saat konferensi pers virtual, Selasa 6 April 2021.

Baca juga: 5 Makanan Ringan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19 

Ia mengatakan, supaya diri dan keluarga tetap terlindungi, biasakan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan tubuh.

Ilustrasi covid-19. (Foto: Okezone)

Selain itu, menjaga kesehatan tubuh bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

"Menjaga kebersihan tubuh dengan biasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera mandi setelah beraktivitas dari luar rumah, dan segera mengganti serta mencuci pakaian dengan detergen terbaik," imbaunya.

Baca juga: Masker Medis vs Masker Kain, Mana Lebih Ampuh Cegah Covid-19? 

Dilaporkan bahwa jalur utama penularan SARS-CoV-2 adalah kontak langsung yang dimediasi droplet atau cairan yang dikeluarkan saat berbicara, batuk, bersin, dan aerosol.

"Lalu penularan secara sekunder terjadi melalui permukaan benda yang terkontaminasi (fomites)," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini