Masalah Ketombe dan Minyak di Rambut, Hilangkan dengan 5 Cara Ini

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 611 2390054 masalah-ketombe-dan-minyak-di-rambut-hilangkan-dengan-5-cara-ini-8MR4aMS12v.jpg Ilustrasi rambut sehat dan segar. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

ADA beragam cara menjaga kesegaran rambut, baik dari dalam diri maupun luar. Perawatan ini bisa menghilangkan ketombe dan minyak yang menempel di rambut ataupun kulit kepala.

Munculnya ketombe bisa dialami siapa saja. Pasalnya, kulit kepala memperbarui kondisinya sendiri setiap empat minggu.

Baca juga: Keramas Tidak Boleh Asal-asalan, Wajib Perhatikan 3 Hal Ini 

Umumnya serpihan ketombe berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat. Hanya ketika produksi sebum yang terlalu aktif bergabung dengan serpihan-serpihan ketombe, membuatnya saling menempel, dan menempel pada rambut, barulah ketombe menjadi terlihat dan merepotkan.

Sementara produksi minyak yang berlebihan di kepala dapat disebabkan stres atau perubahan hormonal misalnya kehamilan. Jika produksi sebum berlebihan, kulit kepala bisa gatal dan rambut tampak berminyak setelah dicuci.

Lantas, bagaimana menghilangkan ketombe dan minyak berlebih di kulit kepala? Begini caranya, seperti dikutip dari laman Schwarzkopf, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Minyak Jojoba Solusi Jitu Masalah Kulit dan Rambut, Simak Cara Pakainya 

Rambut wanita. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Cuci rambut berminyak dengan sampo khusus

Sampo penjernih yang dibuat untuk rambut berminyak membantu mengembalikan keseimbangan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih, menenangkan kulit kepala, serta mengurangi rasa gatal. Penggunaan sampo harus dua sampai tiga kali seminggu.

Jika mencuci rambut setiap hari, ganti antara sampo antiminyak dan sampo yang sangat lembut. Ini akan mencegah kulit kepala mengering serta menjadi lebih iritasi. Mereka yang mencoba mencegah ketombe dan rambut berminyak dapat menggunakan sampo seminggu sekali.

2. Cuci rambut berminyak dengan cara yang benar

Sisir rambut sebelum dicuci atau keramas. Ini akan melepaskan serpihan ketombe dari kulit kepala dan menguraikan rambut. Cuci rambut dengan air hangat. Berikan waktu sampo antiketombe untuk bekerja di rambut sebelum dibilas. Untuk perawatan ekstra, bisa menggunakan masker atau kondisioner rambut. Tapi gunakan ini hanya untuk ujung rambut, bukan akarnya.

Baca juga: 8 Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya 

3. Keringkan rambut berminyak dengan cara yang benar

Panas yang dihasilkan pengeringan rambut dapat makin mengiritasi kulit kepala. Jika tidak dapat menghindari penggunaan pengering rambut, selalu keringkan dengan pengaturan dingin atau rendah.

Caranya, putar kepala terbalik saat mengeringkan rambut. Ini lebih lembut untuk kulit kepala. Lalu sesering mungkin usahakan rambut mengering secara alami.

4. Gunakan produk penataan rambut secukupnya

Untuk menghindari membuat rambut makin berminyak, gunakan produk penata rambut seperti hair wax secukupnya, karena ini dapat memberatkan rambut. Jangan digunakan pada akarnya, hanya di ujung rambut. Hairspray yang berlebihan juga bisa membuat rambut berminyak dan kulit kepala gatal. Beberapa semprotan sudah cukup.

Baca juga: Mengalami Rambut Rontok, Coba Atasi dengan Berbagai Bahan Alami Ini 

5. Bantuan untuk rambut berminyak

Rambut sudah terlihat kurang segar pada sore hari, tetapi tidak masalah karena bisa menggunakan sampo kering (dry shampoo). Meskipun tidak dapat menggantikan rutinitas keramas yang benar, sampo kering bisa menyegarkan rambut untuk sementara dengan menyerap minyak berlebih. Semprotkan sampo kering ke area berminyak dari jarak sekira 8 inci. Biarkan sebentar, rapikan dengan tangan lalu sisir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini