Dari Gigi hingga Pencernaan, Ini Manfaat Ajaib Lidah Buaya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 612 2390434 dari-gigi-hingga-pencernaan-ini-manfaat-ajaib-lidah-buaya-KlYth2glBr.jpg Lidah Buaya. (Foto: Shutterstock)

BANYAK tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit dan menyehatkan tubuh. Salah satu tumbuhan yang menjadi andalan untuk kecantikan dan kesehatan adalah lidah buaya.

Memiliki nama latin Aloe Vera, lidah buaya memiliki sederet manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak heran, jika lidah buaya kemudian banyak menjadi bahan dalam produk kecantikan.

Apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang belum familiar diketahui orang awam? Mengutip Menshealth, berikut paparan empat manfaat mengejutkan lidah buaya untuk kesehatan.

Lidah Buaya

Mengurangi plak pada gigi

Para peneliti di India menemukan, bahwa menggunakan obat kumur dengan kandungan lidah buaya tidak hanya menyegarkan napas, tapi bisa efektif untuk mengurangi plak. Sebagai alternatif, cobalah pasta gigi berbahan gel lidah buaya.

Dari penelitian Academy of General Dentistry, menguji kemampuan melawan kuman gel gigi dari dua pasta gigi komersial, pasta gigi dengan kandungan lidah buaya lebih efektif dalam mengendalikan organisme penyebab gigi berlubang.

Menurunkan gula darah

Mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa dalam tanaman hijau satu ini dikatakan bisa meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan gula darah dengan lebih efektif.

Hasilnya, bisa mengurangi rasa lapar, dan lebih mudah menghilangkan lemak. Dalam sebuah penelitian dari Seoul National University Hospital, pasien pra-diabetes kehilangan hampir satu kilo lemak dan memperoleh setengah kilo massa tubuh tanpa lemak dalam delapan minggu setelah mengonsumsi sup gel lidah buaya.

Obat sariawan

Tak banyak yang tahu kalau lidah buaya bisa dipakai untuk mengobati sariawan. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya bisa berperang melawan virus, termasuk herpes simpleks, penyebab paling umum dari sariawan.

Saat sariawan, kita bisa mengoleskan gel lidah buaya di atas luka sariawan tersebut. Dalam sebuah penelitian, gel lidah buaya tidak hanya membantu meningkatkan proses penyembuhan, tetapi juga mengurangi rasa sakit loh!

Melancarkan pencernaan

Susah buang air besar? Nah lidah buaya bisa jadi salah satu solusi alami, sebab lidah buaya disebut sebagai pereda sembelit. Ahli gizi Clarissa Lenherr mengatakan, bagian terluar tanaman lidah buaya itu mengandung senyawa yang disebut antrakuinon. Senyawa inilah yang bertanggung jawab atas efek pencahar tanaman.

Clarissa memperingatkan, dalam mengonsumsi jus lidah buaya untuk melancarkan pencernaan tak perlu banyak-banyak. Cukup dalam jumlah porsi sedikit saja, karena mengonsumsi jus lidah buaya yang berlebihan dapat menyebabkan diare dan kram perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini