Ikan Kuah Belimbing, Kuliner Khas NTT yang Segar dan Enak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 298 2390668 ikan-kuah-belimbing-kuliner-khas-ntt-yang-segar-dan-enak-YNu58YXrHY.jpg Ikan Kuah Belimbing Khas NTT (Foto : YouTube/Gilan Kurniawan 18)

Ikan kuah belimbing merupakan makanan yang banyak digemari di Indonesia. Makanan khas Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki rasa yang khas. Terlebih masakan ini dicampur dengan belimbing wuluh atau yang biasa disebut dengan belimbing sayur.

Kuliner NTT yang berkuah ini berbahan dasar ikan tongkol dimasak dengan mencampurkan belimbing wuluh kedalam kuahnya sehingga menghasilkan cita rasa asam yang segar.

Sajian ikan asal Kota Kupang ini bisa Anda temui di rumah makan tradisional. Sayangnya, ikan kuah belimbing jarang ditemui selain di kota asalnya, Kupang.

Namun, jika Anda ingin mencicipi makanan berkuah yang segar ini Anda dapat membuatnya sendiri. Mengingat ikan tongkol sangat mudah ditemui di Indonesia.

Ikan Kuah Belimbing

(Foto : YouTube/Gilan Kurniawan 18)

Ikan kuah belimbing dibuat menggunakan ikan tongkol dan belimbing wuluh yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, garam, jeruk nipis, kunyit, jahe, bawang merah, cabai keriting, daun bawang, serai, daun jeruk purut, gula pasir, air dan penyedap.

Baca Juga : 4 Gaya Istri Arya Saloka, Putri Anne Kece Pakai Sandal Rp12,3 Juta

Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah. Pertama, lumuri ikan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, serta air jeruk nipis. Kemudian, didihkan air bersama bumbu halus, jahe, serai dan daun jeruk purut sampai harum dan mendidih.

Masukkan ikan tongkol. Kecilkan apinya, lalu masak sampai matang. Tambahkan daun bawang dan belimbing wuluh. Didihkan sekali lagi, kemudian angkat dan sajikan.

Meski dapat disajikan secara utuh, namun sebagian orang memilih untuk menyantapnya bersama nasi. Ya, masyarakat Indonesia memang sudah biasa untuk menyantap berbagai lauk dengan nasi putih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini